<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "http://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Situ Batu Karut Sukabumi

Batu Karut Sukabumi
Batu Karus Sukabumi
Inisukabumi.com - Sahabatku, beberapa waktu yang lalu tepatnya hari minggu tanggal 24 Juli 2016, saya diberi kesempatan untuk mengunjungi sebuah danau buatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, danau tersebut adalah Danau Batu Karut. Danau ini berada di daerah Kampung Batu Karut RT 3/RW 08, Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Sejarah Kampung Batu Karut

Berdasarkan artikel yang dituliskan dalam blog miliknya mbak Yuli S Rahmawati, Kampung Batu Karut ini awalnya merupakan hutan lindung yang belum diberi nama, di hutan tersebut terdapat mata air yang cukup besar dengan air yang begitu jernih, air tersebut merupakan air resapan alam dari pegunungan yaitu Gunung Gede Pangrango. Dahulu terdapat sebuah batu yang cukup besar dan berada dibawah pohon beringin yang mempunyai akar banyak dan membelit batu besar tersebut. Semakin lama pohon beringin tersebut semakin besar dan semakin tinggi, sehingga batu yang berada dibawahnya tersebut sedikit demi sedikit ikut terangkat oleh akar-akar beringin. Hingga akhirnya batu yang cukup besar tersebut terangkat (ka kerut = bahasa sunda) sampai mengangkang. Dan dari situlah penduduk sana menamakan daerah tersebut dengan nama Batu Karut.



Baca Juga :



Tidak lama setelah itu, pohon beringin yang besar itu akhirnya roboh dikarenakan tanah dibawah pohon tersebut terbawa oleh aliran air yang keluar dari sana. Aliran air yang keluarpun cukup besar, sehingga batu yang sempat ter-ais oleh akar pohon dan jatuh tersebut akhirnya terendam oleh air yang keluar dari mata air tersebut.

Jernihnya air yang keluar dari mata air disana membuat Dinas Perairan Kabupaten Sukabumi tertarik untuk menelitinya dan membuatnya menjadi sumber mata air bagi PDAM (Perusahaan Domestik Air Minum).

Dibelakang saya itu adalah PDAM, awas jangan salah pokus.. Hehe

Ditahun tersebut yaitu sekitar tahun 1970 M. dibangun sebuah waduk atau bendungan yang digunakan sebagai penampung air untuk keperluan irigasi di beberapa daerah di Kabupaten Sukabumi. Dan sekarang waduk tersebut lebih dikenal dengan sebutan "Situ Batu Karut" atau "Danau Batu Karut".

Danau Batu Karut Sukabumi
Danau Batu Karut Sukabumi

Saluran irigasi juga terdapat dibagian bawah danau
Setelah puluhan tahun berada, kini Danau Batu Karut seakan kurang mendapatkan kasih sayang. Banyaknya rerumputan yang tumbuh bebas tanpa terurus membuat tempat ini terlihat kurang nyaman. Saat ini bagian-bagian yang masih diminati pengunjung untuk berkunjung kesini diantaranya adalah pinggiran danau yang dijadikan tempat nongkrong muda mudi ataupun pasangan remaja sambil duduk dimotor, pancuran tujuah, dan kolam ari kecil yang berada didekat PDAM yang merupakan sumber mata air yang keluar dari pegunungan.

Pancuran 7 yang airnya begitu jernih dan dungin

Menrendam kaki di air yang dingin yang jernih menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan disini

Yang dibelakang saya itu adalah kolam kecil yang menjadi salah satu spot favorit bagi pengunjung untuk mandi dan berendam. *Maaf fotonya ketutup sama saya karena ada beberapa yang tidak sepantasnya dimunculkan, hehe
Seandainya pengelola ataupun pemerintah mau memberi perhatian lebih untuk danau ini, pastilah danau ini akan menjadi lebih asik dijadikan tempat untuk berwisata. Misalnya saya kasih contoh, dipinggiran itu diberikan bangku-bangku untuk duduk dan memancing, ikan hasil pancingan tersebut bisa langsung dibakar dan dimakan disana, dan pengunjung membayar sesuai dengan berat ikan dan makanan yg dimakan. Lalu diadakan juga wahana untuk mengelilingi danau seperti sepeda bebek yang bisa dikayuh diatas air, perahu atau rakit yang bisa disewakan, rumah makan terapung diatas danau, dan lain sebagainya. Dengan pengelolaan yang baik tentunya akan menjadikan tempat ini menjadi salah satu tujuan berwisata, selain itu juga akan menjadikan sumber pemasukan pagi pengelola dan juga warga sekitar.
Semoga saja dikemudian hari Danau Batu Karus Sukabumi ini bisa menjdai tempat berwisata yang asik seperti yang kita semua harapkan. Aamiin.


Keyword :
batu karut majenang, cerita batu karut sukabumi, situs batu karut sukabumi, kerajaan sukabumi, cerita batu karut sukabumi, batu karut majenang, situs batu karut sukabumi

Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.