<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Ini Sukabumi - Apakabar sob, kali ini ane mau nge share tentang salah satu kesenian dan juga budaya asli Sukabumi.
Dari postingan sebelumnya udah ane jelasin bahwa sukabumi itu memiliki banyak sekali kesenian dan budaya, tapi sayangnya banyak juga yang sudah mulai hilang.
Lewat blog ini, ane mau coba mempublikasi budaya-budaya tersebut, semoga aja dunia bisa melihatnnya :)
Nah, budaya yang akan ane share kali ini adalah tentang Tari Dogdog Lojor.

Tari Dogdog Lojor berasal Sukabumi yaitu Cisolok. Pada awalnya, Tari Dogdog Lojor adalah tarian uintuk acara ritual padi, dan dilaksanakan setahun sekali setelah panen, tapi sekarang sudah bisa kita lihat di acara-aca pagelaran budaya Sukabumi. Pada ritual yang sebenarnya, Seluruh masyarakat mengadakan acara Serah Taun atau Seren Taun di pusat kampung adat. Pusat kampung adat adalah tempat kediaman kokolot (sesepuh). Tempatnya pun selalu berpindah-pindah sesuai petunjuk gaib. Pada awalnya kesenian ini menggunakan angklung dogdog lojor. Namun, sekarang diganti menggunakan alat musik seperti gendang kecil, so'alnya angklung dogdog lojornya mulai jarang, tapi engga mengurangi kehidmatannya ko.
Tarian ini sangat unik, mulai dari lagu, kostum, hingga gerakannya. Saat menyaksikan tarian ini pun tidak akan merasa bosan atau pun jenuh. Mengapa bisa demikian?? Karena suasana yang dibawakan dalam tarian tersebut yang merupakan bentuk syukur kepada yang Maha Kuasa atas hasil panen yang melimpah dan eskpresi-ekspresi yang dicerminkan dalam tarian tersebut.

Nah itu sedikit penjelasan tentang Tari Dogdog Lojor, semoga ada manfaatnya.. :)

Foto : http://beautiful-indonesia.umm.ac.id/



Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.