<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Upacara Seren Taun Ciptagelar Sukabumi
Ini Sukabumi - Kali ini ane mau ngepost kembali tentang upacara adat yag ada disukabumi.
Ada satu desa di Sukabumi yang tetap mempertahankan Adat istiadatnya, desa tersebut adalah Desa Ciptagelar, tepatnya di Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Mereka menggelar ritual tersebut sebagai bentuk syukur atas hasil panen mereka.
Pada waktu pelaksanaannya, kawan-kawan akan melihat barisan peserta upacara yang berangkat bersama-sama dari sebuah lapangan terbuka ke depan Leuit Si Jimat. Barisan itu antara lain juru rajah, pembawa pare bapa dan pare indung, angklung gubrag,  dogdog lojor, pemungut padi yang tercecer, ujungan/gebotan, pembawa rengkong, alat-alat lembur, dan kesenian tradisional yaitu toleat, jipeng,dan ujungan. Upacara ini dimulai dengan ‘ngukus’ (membakar kemenyan), kemudian ‘ngadiukeun pare’ (memasukkan padi ke leuit) yang dilakukan oleh Abah dan Ema Anom, pembantu utama Abah dan Istri, serta dua orang saksi. Sebuah upacara yang sangat menarik untuk dilewatkan begitu saja. 


Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.