<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Sungai Citarik
Foto : Detik Tavel
Ini Sukabumi - Jika Sobat belum memiliki rencana untuk libur akhir pekan ini, datang saja ke Citarik. Sungai yang mengalir di Kota Sukabumi ini punya wahana baru yang seru, yaitu berselancar!

Tidak hanya di pantai saja, ternyata surfing atau berselancar juga bisa dilakukan di derasnya arus sungai. Tidak percaya? Datang saja ke Sungai Citarik yang berada di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan yang sudah dikenal dengan wisata arung jeramnya ini juga punya wahana air yang tak kalah menarik.

Sungai ini berada sekitar 30 km arah selatan Sukabumi. Selain itu, objek wisata ini juga tidak jauh jika ditempuh dari Pelabuhan Ratu.

Berselancar di Sungai Citarik

Nah, sesampainya di Citarik, Sobat bisa langsung minta diperkenalkan dengan wahana air yang belum lama dibuka, yaitu river boarding. Wahana yang satu ini cukup mirip dengan surfing dan body boarding di pantai. Hanya saja bedanya papan yang digunakan lebih kecil dan permainannya dimainkan di sungai.

Permainan ini pertama kali ditemukan di Perancis, tepatnya pada tahun 1970-an. Kemudian baru masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Hingga sekarang surfing di sungai ini mulai dijadikan sebagai wahana seru di Sungai Citarik.

Sebelum memulai permainan, Sobat diwajibkan untuk melakukan pamanasan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar terhindar dari cedera otot saat melakukan river boarding. Jika sudah siap, Sobat juga diharuskan memakai rompi pelampung dan helm. Pasang dengan kencang, agar aman selama bermain.

Papan yang digunakan juga cukup aman. Berbahan dasar sponge, papan ini cukup lunak. Ukurannya lebih kecil dari papan untuk surfing sekitar 150 x 60 cm, seperti yang dikutip detikTravel dari Visit Sukabumi, Kamis (18/10/2012).

Setelah perlengkapan sudah dikenakan, Sobat bisa langsung mengambil papan dan masuk ke sungai. Tenang saja, pertama kali bermain, Sobat akan diajarkan terlebih dahulu oleh pengelola river boarding. Pertama, papan harus diletakkan persis di depan kita. Kemudian naikkan badan dengan posisi telungkup. Untuk mengarahkan papan, Sobat bisa mengayuh tangan. Semua kendali ada di tangan Sobat.

Jika sudah cukup mahir, Sobat akan dilepas sendirian. Biarkan badan Sobat terbawa arus Sungai Citarik yang deras. Berhubung saat ini sudah memasuki musim hujan, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencoba serunya river boarding.

Ets, keseruan tidak hanya sampai di situ. Nantinya Sobat juga akan dibawa menuju jeram yang cukup menantang. Derasnya air bisa membawa Sobat pada kecepatan hingga 30 km per jam. Wow!

Tetap jaga keseimbangan Sobat dan jangan sampai terjatuh. Caranya, letakkan badan Sobat tepat di tengah-tengah papan. Dengan cara ini, keseimbangan Sobat dijamin jauh lebih kuat.

Jika Sobat sudah cukup 'berteman' dengan jeram di sungai ini. Tak ada salahnya untuk mencoba berselancar di sungai dengan gaya baru, yaitu berdiri. Posisi seperti ini sudah pasti jauh lebih sulit. Untuk menjaga keseimbangan, Sobat cukup merentangkan tangan saja. Tapi, jangan coba berdiri dekat bebatuan, karena terlalu berbahaya untuk keselamatan.

Pada akhir pekan dan libur nasional, river boarding akan ramai dikunjungi. Setiap orang mendapatkan jatah 30 menit bermain dengan biaya Rp 75.000. Bagaimana, apa Sobat tertarik? Yuk, surfing di Sungai Citarik akhir pekan ini!
Sumber : Detik Travel


Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.