<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Batu Bergores Kutajaya
Foto : Dinas Pariwisata Jabar
Ini Sukabumi - Sob, ternyata di Sukabumi itu terdapat beberapa peninggalan peradaban masa lalu, diantaranya adalah Situs Batu Bergores Kutajaya.
Situs ini terletak di Kampung Kutajaya, Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Batu bergores berada di tanah milik keluarga H. Sukardi, dan sekarang situs ini dipagar kawat berukuran 12,5 m x 5 m. Di sekeliling situs ini terdapat pemukiman dan juga perkebunan warga. Asalnya batu bergores ini terletak di lahan sebelahnya yang permukaannya lebih tinggi, namun karena ada penggalian dibawahnya, akhirnya batu ini terbawa longsor.

Di tempat semula, terdapat peninggalan kehidupan manusia dimasa lampau lainnya, yaitu sebuah menhir setinggi 118 cm.

Batu tersebut merupakan peninggalan manusia yang hidup di masa pra sejarah. Dinamai batu bergores karena adanya goresan-goresan pada permukaannya.
Semula goresan tersebut berada di bagian atas, namun sekarang, goresan tersebut berada disisi barat batu.
Goresan-goresan yang terdapat pada batu tersebut berupa 5 mata tombak, bulatan-bulatan, serta garis-garis vertikal dan horizontal.




Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.