<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Kita Mulai Dari Iket Kepala Dulu

Iket Sunda Asli

Ini Sukabumi - Sob, sebelumnya saya minta maaf kalau pembahasan di blog ini tidak menggunakan bahasa sunda, karena khusus ketentuan di blog ini harus menggunakan bahasa Indonesia.

Fashion memang sesuatu yang terus berkembang dengan sangat pesat. Berbagai macam busana baru terus bermunculan setiap harinya, dan hal ini tentunya diikuti oleh orang-orang disekitar kita, bahkan kita sendiri pun hanyut didalamnya.

Tapi dibalik itu semua, ada sesuatu yang mulai ditinggalkan, dan sesuatu tersebut adalah Pakaian Adat.
Di Sukabumi sendiri, khususnya di daerah yang mulai ramai dengan arus globalisasi, sudah agak jarang melihat orang yang memakai pakaian adat sunda. Entah mereka tidak tahu, gengsi, atau kenapalah, yang pasti sudah jarang.

Saya juga sebenarnya agak ngiri plus kagung dengan pemerintahan yang mengharuskan pegawai-pegawainya mengenakan pakaian adat dihari-hari terten. Contohnya saja Jakarta dan juga Bandung, kedua kota besar ini mulai menerapkan aturan khusus untuk para PNS agar mengenakan pakaian adat seminggu sekali sesuai yang ditetapkan masing-masing.

Menyikapi hal tersebut, saya selaku orang yang lahir ditanah sunda tentunya mempunyai keinginan untuk mengangkat dan melestarikan budaya sunda. Dan beberapa waktu lalu saya telah memutuskan untuk mulai menggunakan sebagian identitas dari budaya sunda tersebut, yaitu menggunakan Iket Kepala.

Saya sendri awalnya ragu untuk mengenakan iket kepala ini, alesannya sih takut dianggap aneh lah atau apa lah. Tapi ternyata, setelah saya menggunakan iket kepala ini, respect teman ataupun yang lainnya itu, baik.

Untuk itu, saya mengajak sahabat semua baik yang tua ataupun yang muda, khusus laki-laki yang merupakan orang sunda, mari kita lestaraikan budaya leluhur kita ini, dan bisa dimulai dengan mengenakan iket kepala/iket sunda.

Bagi sobat yang mau sharing tentang Iket Sunda, silahkan bergabung dengan grup facebook --> KOMUNITAS IKET SUNDA (KIS).
Dan khusus yang ada di Sukabumi, silahkan bergabung dengan grup facebook --> KIS Area Sukabumi.

Itu dulu sob yang bisa saya tulis kali ini, semoga apa yang saya tulis ini ada manfaatnya.

#Budaya #Unik #Komunitas



Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.