<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Ini Sukabumi - Sob, di postingan kali ini saya mau berbagi informasi tentang cemilan apa saja yang biasa di suguhkan oleh orang sunda di Sukabumi ketika kedatangan tamu. Meskipun kalau di Sukabumi kota sudah aga jarang si yang menghidangkan camilan ini, tetapi kalau untuk orang yang ada di Kabupaten Sukabumi, mereka masih menyajikan cemilan-cemilan unik ini.

Berikut adalah cemilan-cemilan khas sunda yang ada di Sukabumi:

1. Opak

Opak adalah salah satu cemilan populer di kalangan masyarakat Sunda
Opak adalah salah satu cemilan populer di kalangan masyarakat Sunda via sastrasunda2011.blogspot.com
Kalau sobat ada yang merupakan orang sunda, pasti tahu deh dengan cemilan yang satu ini, karena opak merupakan salah satu cemilan terpopuler khas sunda.
Opak ini ada yang terbuat dari tepung tapioka / singkong, ada juga yang terbuat dari tepung beras, keduanya mempunyai cita rasa dan aroma yang khas, dan sobat yang bukan orang sunda harus coba mincicipinya, karena kalau orang sunda pasti pernah mencicipi cemilan opak ini. (hehe)

Di Sukabumi sendiri ada dua jenis opak, yang pertama adalah opak dengan bentuk tipis seperti di daerah sunda lainnya, dan yang kedua adalah opak dengan jenis tebal yang merupakan oleh-oleh khas Jampang Kulon Sukabumi.
Untuk artikel khusus tentang opak tebal ini, silahkan sobat buka artikel Opak Cemilan Khas Sunda, Asli Jampang Kulon.

2. Ranginang

Ranginang, kakaren orang sunda via ranginangaq112.blogspot.com
Sebagaimana opak, ranginang pun masuk kedalam deretan cemilan khas sunda terpopuler, karena opak ini seakan masih saudara dengan opak. (wkwkwkw.. :D )
Bedanya ranginang dengan opak, adonan ranginang terbuat dari beras ketan yang tidak dihancurkan sehingga tekstur nasinya tetap terasa, sedangkan opak adonannya dihaluskan.
Seperti opak juga, awalnya ranginang adalah salah satu cemilan primadona ketika suasana hari raya atau hajatan untuk memperingati acara tertentu. Seiring dengan meningkatnya popularitas ranginang, cemilan ini pun kini biasa dihadirkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai teman ngobrol.


3. Kue Cincin (Ali Agrem)

Manis renyahnya Kue Cincin via blog.goindonesia.com
Kalau di lihat dari bentuknya, Kue Cincin ini terlihat seperti donat, dan itu memang donat khas sunda, hehe
Ali agrem adalah salah satu kue tradisional khas Sunda. Dengan bahan utama tepung beras dan gula merah, kue ini memiliki cita rasa yang manis dan legit.
Konon, nama ali agrem ini berasal dari bentuknya yang menyerupai cincin (ali) yang melingkar (agrem). Dulu, kue ini sering hadir saat pesta pernikahan sebagai salah satu suguhan utama. Kini, ali agrem sering disajikan di toples pengisi cemilan di ruang tamu saat merayakan momen tertentu.

4. Kue Kembang Goyang (Seroja)

Kue Kembang Goyang (Seroja)
Kue Kembang Goyang (Seroja)
Bentuknya seperti bunga seroja alias teratai. Rasanya gurih, mengandung tepung beras, tepung terigu, gula putih, dan pala atau daun jeruk untuk menambah aroma harum.

Pembuatan kue seroja ini menggunakan cetakan khusus bergagang panjang yang biasanya terbuat dari alumunium. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan, lalu keduanya dimasukkan ke dalam minyak panas sehingga berwarna keemasan. Untuk mengeluarkannya, adonan yang sudah matang tadi digoyangkan agar lepas dari cetakan. Itulah sebabnya beberapa daerah mengenal kue ini sebagai 'kembang goyang'.

Dengan resep tradisional yang turun temurun, kue seroja dulu sering disajikan pada acara hajatan. Kini, kue seroja juga masih sering dihadirkan saat Lebaran untuk suguhan bagi tamu atau menjadi salah satu pilihan oleh-oleh.

5. Tape Ketan

Tape Ketan (Peuyeum Ketan)
Tape Ketan (Peuyeum Ketan)
Seperti ranginang, makanan yang satu ini juga terbuat dari bahan utama beras ketan. Bedanya, beras tersebut difermentasikan dengan ragi sehingga rasanya menjadi manis asam.

Penyajian tape ketan bermacam-macam. Bisa dengan dibungkus daun pisang yang menimbulkan aroma khas, atau hanya dengan dimasukkan ke dalam toples seperti halnya kue kering. Untuk penyajian di ruang tamu biasanya dipilih cara yang kedua.

Tape ketan termasuk makanan basah yang awet karena bisa bertahan sampai seminggu. Semakin lama usia tape ketan, semakin banyak air hasil fermentasi yang keluar dan menambah cita rasa tersendiri. Air manis tersebut aman untuk diminum selama tidak terlalu banyak karena bisa mengakibatkan perut menjadi panas di dalam


Oke sob, itulah beberapa cemilan khas sunda yang biasa di suguhkan di Sukabumi. Sebenarnya masih banyak camilan khas sunda yang lainnya, akan trtapi belum saya masukan kali ini, insya Allah suatu hari nanti saya masukan kembali di artikel selanjutnya. Jadi, tetap pantengin terus blog ini ya.



Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.