<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga


Sukabumi Murals Movement, Mural Sukabumi
Mural HUT Kota Sukabumi yang ke-101
Inisukabumi.com - Sob, di kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi tentang salah satu komunitas keren yang ada di Sukabumi, komunitas tersebut adalah komunitas Sukabumi Murals Movement.

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.
Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar. (wikipedia.org)

Sukabumi Murals Movement, Mural tentang sukabumi
penggunaan koas untuk melukis mural
Itu sob definisi mural menurut wikipedia. Jadi mural itu berbeda dengan grafiti ataupun pandalisme jenis yang lain, mural lebih mengedepankan seni yang bermanfaat dan penuh makna, karena setiap mural yang dibuat, pasti mengandung makna yang bisa kita ambil.
Mungkin kalau saya boleh berpekulasi, kata mural itu sendiri agak miripdengan kata moral, jadi di setiap lukisan mural ini pasti terdapat pesan moral. (hehe)

Komunitas Sukabumi Murals Movement ini berdiri sekitar bulan juli tahun 2014, karena awalnya mereka masih berkarya perkelompok kecil masing-masing, nah mulai bulan juli lah akhirnya mereka memutuskan untuk membuat sebuah komunitas mural yang jangkawannya mencakup keseluruhan sukabumi.

Karya pertama dari Komunitas Sukabumi Murals Movement ini yaitu tentang #SaveGaza dengan tema, "Mural Moral For Gaza". Karena waktu itu Gaza lagi bergejolak akibat di bombardir oleh zionis Israel. Pemilihan tema dengan sentuhan seni dan desain yang pas membuat lukisan mural yang ada di tengah kota ini mendapatkan tanggapan positif hampir dari setiap yang melihatnya, karya seni ini pula yang membuat komunitas ini cepat dikenal oleh masyarakat, khususnya di Kota Sukabumi.

Sukabumi Murals Movement, Mural Sukabumi
Mural pertama dari Komunitas Sukabumi Murals Movement
Khusus untuk area di tengah kota, yaitu di dekat Dago Sukabumi, setiap karya yang dibuat pasti disertai dengan tema-tema tertentu. Seperti waktu Gaza dibombardir, selesai kegiatan pilpres, peringatan hari AIDS sedunia, peringatan hari Ibu, peringatan hari korupsi, dan untuk yang sekarang (yang ke-7) mengambil tema HUT Kota Sukabumi yang ke-101.


Mural di Sukabumi
Mural tentang mengawal perpolitikan
Sukabumi Murals Movement, Mural Sukabumi
Mural tentang Hari Ibu

Sukabumi Murals Movement
Mural tentang Peringatan Hari Korupsi 
Dalam perjalanannya, komunitas ini pun sempat bertemu dengan suatu peristiwa yang cukup mengagetkan, dimana ada seseorang atau suatu pihak yang ikut menyertakan karyanya di tembok ini tanpa konfirmasi, dan karya itu dianggap menyerupai atribut ISIS (Islamic State of Iraq and Syiria). Hal ini sempat menjadi pemberitaan di beberapa media nasional seperti Detik.com dan yang lainnya.

Sukabumi Murals Movement
Penghapusan mural yang dianggap mirip atribut ISIS
Komunitas ini memiliki anggota yang cukup banyak, meski baru berdiri beberapa waktu, tapi anggotanya sudah lebih dari 50 orang, dan mereka berasal dari berbagai kalangan, ada siswa, mahasiswa, karyawan, dan lain sebagainya.
Untuk masuk ke komunitas ini pun sangat mudah, tinggal langsung saja ngomong ke salah satu anggota dari komunitas ini, lalu ikut kumpul kalau ada kegiatan, disana kita bisa langsung berkarya bersama.

Oke sob, itu sedikit informasi tentang Komunitas "Sukabumi Murals movement", semoga bisa bermanfaat untuk kita smua.

Tetaplah berkarya sesuai dengan selera masing-masing..!!





Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

  1. baru tau kang ada yang kaya gitu di SMI,. hhe salam dari ricahyap.blogspot.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.