<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Sejarah Karang Hawu

Inisukabumi.com - Sahabatku, bagaimana nih kabarnya? Smoga senantiasa selalu dalam keadaan sehat ya. Di artikel kali ini saya mau sedikit mengulas tentang alasan dinamakannya Pantai Karang Hawu. Karena mungkin sahabat tahunya Pantai Karang Hawu itu adalah salah satu pantai indah yang Ada di Sukabumi, tanpa sahabat mengetahui kenapa pantai ini diberi nama Pantai Karang Hawu.
Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu
Sebelumnya, apakah sahabat-sahabat tahu apa itu yang namanya "Hawu"? Hawu berasal dari kata awu (bahasa Jawa) yang berarti abu, sedangkan abu dalam bahasa Sunda disebut lebu. Jadi hawu adalah tempat terkumpulnya abu atau lebu. Pada masyarakat Sunda terdapat tiga jenis hawu, pertama adalah bentuk hawu yang dibuat secara sederhana, dengan hanya menumpuk bata merah yang digunkan sebagai tungku. Hawu ini tidak kokoh sebab tidak dilapisi oleh adonan tanah liat sebagai perekatnya, sehingga mudah ambruk kalau terkena benturan. Jenis hawu kedua adalah hawu yang terbuat dari gerabah. Bentuknya sama seperti hawu biasa, tapi mempunyai dua lubang tempat memasak yang berjejer ke belakang atau ke samping. Hawu ini dilapisi oleh adonan tanah liat sehingga tidak mudah ambruk atau retak. Jenis hawu ketiga adalah hawu yang terbuat dari batu yang diberi lobang dibagian dalam dan juga atasnya. untuk lebih jelasnya sahabat bisa melihat gambar dibawah ini :
Seperti inilah salah satu bentuk Hawu via ciburuan.wordpress.com 
Sekarang sahabat sudah tahu kan yang seperti apakah hawu tersebut. Nah barulah saya akan sedikit menjelaskan kenapa salah satu pantai di Sukabumi itu dinamakan Pantai Karang Hawu. Pemberian nama tersebut tidak asal begitu saja, melainkan diambil dari bentuk batuan pantainya yang mirip dengan hawu, karena memiliki lubang-lubang yang seperti lubang pada hawu. Sekarang coba sahabat perhatikan foto batuan di Pantai Karang Hawu berikut ini.

Batuan berlubang inilah yang diibaratkan seperti Hawu, sehingga pantai ini dinamakan Pantai Karang Hawu
Obak yang masuk kedalam lobang dari batu ini memberikan keunikan tersendiri

Pantai Karang Hawu Cisolok

Baik sahabatku, seperti itulah sedikit penjelasan kenapa pantai ini dinamakan Pantai Karang Hawu, semoga artikel saya kali ini bisa sedikit memberikan ilmu pengetahuan kepada sahabat pembaca semua. Sekian artikel saya kali ini, jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog saya ini, karena saya akan terus berusaha memberikan informasi-informasi tentang Sukabumi.

Lokasi Pantai Karang Hawu

Lokasi pantai Karang Hawu dekat dengan kawasan wisata Pelabuhan Ratu yaitu terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Sukabumi berjarak sekitar 73 km.



Pencarian di Google:
lokasi pantai karang hawu, tiket masuk pantai karang hawu, sejarah karang hawu, pantai karang hawu cisolok, harga tiket masuk pantai karang hawu, karang hawu, video sejarah pantai pelabuhan ratu, karang hawu ,permai hotel,pantai karang hawu cisolok, karang hawu video, harga tiket masuk pantai karang hawu, karang hawu permai ,hotel sejarah pantai pelabuhan ratu, tempat wisata pantai pelabuhan ratu.


Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.