<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Miniatur Leuit Di Tengah Kota Sukabumi

Leuit Ada Di Tengah Kota Sukabumi, Leuit Ada Di Lapang Merdeka Sukabumi
Miniatur Leuit Ada Di Tengah Kota Sukabumi
Inisukabumi.com - Sahabatku, bagai mana kabarnya nih? Smoga senantiasa berada dalam keadaan sehat ya. Cukup lama rasanya saya tidak berbagi informasi di blog ini, bukannya tidak mau berbagi atau gimana, namun rutinitas saya akhir-akhir ini cukup padat, karena saya diminta sekaligus diberikan kepercayaan untuk bekerja di Kampus UMMI sebagai Website Develover. Aktifitas kuliah yang masih berjalan dikarenakan saya masih harus menempuh semester enam dan semester tujuh membuat jadwal kerja saya ditambah untuk menggantikan waktu kerja yang dipakai untuk kuliah, sehingga terkadang saya harus pulang selepas magrib. Hal ini yang menyebabkan saya kurang piknik dan jadinya aga jarang berbagi informasi di blog ini.
Miniatur Leuit Ada Di Tengah Kota Sukabumi
Miniatur Leuit Ada Di Tengah Kota Sukabumi
Di kesempatan kali ini saya mau sedikit berbagi informasi tentang salah satu upaya dari Pemerintah Kota Sukabumi untuk mengenalkan dan melestarikan budaya yang telah ada sejak dulu, yaitu pembangunan Miniatur Leuit yang berlokasi di tengah Kota Sukabumi

Sebelumnya apaakah sahabat-sahabat tahu apa itu leuit? Leuit adalah tempat menyimpan padi. Berupa bangunan tersendiri; biasanya panggung, atau ruang khusus. Padi yang disimpan di leuit dialokasikan untuk cadangan jangka lama. Setidaknya sebagai cadangan hingga musim panen berikutnya. Leuit bukan tempat menyimpan beras. Yang ini mah disebut pabeasan. Ukuran pabeasan biasanya jauh lebih kecil dan berfungsi untuk menyimpan beras bagi keperluan harian.

Di Kabupoaten Sukabumi masih terdapat beberapa desa adat yang masih menggunakan leuit ini sebagai tempat penyimpanan padi mereka, diantaranya adalah masyarakat yang tinggal di Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnarasa, Kecamatan Cisolok dan juga di Desa Sirnarasa, Cikakak, Sukabumi.
Leuit di Desa Sirnarasa, Cikakak, Sukabumi via id.wikipedia.org
Untuk mengenalkan tempat penyimpanan beras unik ini kepada warga di perkotaan, Pemerinta Kota Sukabumi membuat miniatur leuit di tengah kota, tepatnya disamping Lapang Merdeka Sukabumi.

Baik sob, itu sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang Miniatur Leuit Ada Di Tengah Kota Sukabumi, semoga bisa memeri sedikit manfaat dan informasi buat sahabat semua.




Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.