<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga


Curug Sentral Kalapanunggal, Parungkuda Sukabumi

Foto bersama di dekat Curug Sentral 1
Inisukabumi.com - Sahabatku, di artikel kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya sewaktu menjelajahi beberapa air terjun yang berada dalam satu aliran sungai sekaligus, air terjun tersebut adalah Air Terjun Sentral atau yang lebih dikenal dengan sebutan Curug Sentral.

Curug Sentral ini berada di Kampung Jayanegara, RT 01 / RW 01 Desa Jayanegara Kec. Kabandungan Kab. Sukabumi, yaitu di dekat Cevron Geotermal Salak Ltd.

Asal usul dinamakannya Curug Sentral ini yaitu pada waktu penjajahan pemerintahan belanda sempat didirikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTU), dan PLTU ini sering disebut dengan Sentral. Akhirnya air terjun yang berada di aliran sungai ini semuanya dinamakan Curug Sentral. Sebenarnya di aliran sungai ini terdapat sekitar tujuh air terjun, dan semuanya disebut Curug Sentral, hanya saja yang membedakannya itu setiap air terjun diberi angka masing-masing, jadi sebutan untuk air terjun tersebut adalah Curug Sentral 1. Curug Sentral 2, Curug Sentral 3 dan seterusnya hingga Curug Sentral 7.


Curug Sentral 1 dan Curug Sentral 2

Curug Sentral 2 yang suasananya sangat menenangkan





























Lokasi antar air terjun ini ana yang berdekatan ada juga yang jauh. tetapi untuk Curug Sentral 1 da Curug Sentral 2 lokasinya berdekatan kok, dan sekarang sudah ada pengelolanya. Tiket masuk ke curug ini hanya sebesar Rp. 50000,- saja, dan untuk parkir motor hanya sebesar Rp. 2000,-. Para pengelola curug sentral 1 dan curug sentral 2 ini sangat ramah, dan semuanya menggunakan seragam pengelola.

Rute Menuju Curug Sentral

Dari Bogor ==>

  1. Kita menuju parungkuda
  2. Dilanjutkan Menuju Jalur Bojonggenteng ==> Kalapanunggal ==> Kabandungan 
  3.  Di terminal Angkot Kabandungan, tinggal bertanya kepada warga  aja sob, tanya aj "Curug Sentral yang ada di kabandungan yang dekat dengan chevron unocal, dijamin dah warga disana bakalan tau, soalnya daerah sekitaran Chevron itu tempat main para warga sekitar yang pemandangannya hampir sama kaya di Puncak Pas Cisarua


Masih tetep Bogor ==>

  1. Kita ga berhenti di Parungkuda tapi melaju terus menuju Cibadak
  2. Setelah Sampai di Cibadak, Coba ditanyain aj Jalur Ke Cikidang (Wisata Buru)
  3. Kalo dah nyampe di Wisata Buru, tinggal tanya Kalapanunggal ==> Kabandungan 
  4. Di terminal Angkot Kabandungan, tinggal bertanya kepada warga  aja sob, tanya aj "Curug Sentral yang ada di kabandungan yang dekat dengan chevron unocal, dijamin dah warga disana bakalan tau, soalnya daerah sekitaran Chevron itu tempat main para warga sekitar yang pemandangannya hampir sama kaya di Puncak Pas Cisarua


Dari Sukabumi ==>

  1. Kita berhenti Cibadak
  2. Setelah Sampai di Cibadak, Coba ditanyain aj Jalur Ke Cikidang (Wisata Buru)
  3. Kalo dah nyampe di Wisata Buru, tinggal tanya Kalapanunggal ==> Kabandungan 
  4. Di terminal Angkot Kabandungan, tinggal bertanya kepada warga  aja sob, tanya aj "Curug Sentral yang ada di kabandungan yang dekat dengan chevron unocal, dijamin dah warga disana bakalan tau, soalnya daerah sekitaran Chevron itu tempat main para warga sekitar yang pemandangannya hampir sama kaya di Puncak Pas Cisarua

Dari Plabuhan Ratu ==>
Kalo dari Pelabuhan ratu ya kita tinggal menuju Cikidang aja, trus tanya deh sama warga, jalur yang menuju Kalapanunggal kabandungan (chevron) kemana, pasti pada tau ko.

Foto-Foto Curug Sentral Sukabumi


Masih di Curug Sentral 2

Menikmati hembusan angin segar dari Curug Sentral 2

Ketika hendak mengunjungi Curug Sentral 2, ternyata hujan deras, akhirnya ikut berteduh dulu di saung warga

Perkebunan teh yang masih asri

Jalan menuju Cevron yang juga merupakan rute mejunu Curug Sentral 4

Indahnya Curug Sentral 4

Curug Sentral 4

Curug Sentral 4

Beraksi di Curug Sentral 4

Tunjuk satu arah.. :D

Segarnya Curug Sentral 4

Bergaya semaunya.. :D

Joged dulu.. :D

Kehabisan gaya.. :D

Groupy di Curug Sentral 4

Rencananya mau menyusuri sungan menuju Curug Sentral 3, tetapi arusnya deras, jadi ga jadi deh.. :D
Itu sob sedikit pengalaman saya ketika mengunjungi Curug Sentral Sukabumi. Dari tujuh buah curug sentral, hanya tiga curug yang berhasil kami kunjungi, yaitu Curug Sentral 1, Curug Sentral 2, dan Curug Sentral 4. Semoga perjalanan ini menjadikan inspirasi buat sahabat semua agar mencintai alam dan menjaga keindahannya.





Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.