<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Background photo : beritaten.com
Inisukabumi.com - Sebagai salah satu daerah yang dipenuhi dengan bermacam keindahan alamnya, sukabumi kembali diperkaya dengan berbagai macam destinasi wisata yang mulai dilirik dunia, destinasi wisata tersebut berada di Geopark Ciletuh. Disana terdapat berbagai macam air terjun dan juga pemandangan alam lainnya, salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi adalah Curug Awang.
Curug Awang Dari Atas
Curug Awang Dari Atas via cool4myeyes.com
Curug Awang berada di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark), yaitu di desa Taman Jaya kecamatan Ciemas kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 60 meter, dengan keindahan dinding batu alam yang berwarna coklat kemerahan sebagai karakteristik dari curug ini yang begitu kuat dan tak dapat dilihat di tempat lain.

Curug Awang dari kejauhan
Curug Awang dari kejauhan via kitabisa.com
Curug Awang merupakan salah satu curug yang berada di aliran sungai Ciletuh, sungai ini membatasi wilayah kecamatan Ciemas dengan kecamatan Ciracap, disamping itu juga merupakan batas antara desa Taman Jaya dengan desa Cibenda serta pembatas antara desa Mekar Sakti dan desa Mandra Jaya. Di sungai ini terdapat beberapa air terjun yang patut untuk dikunjungi, beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan terletak di wilayah desa Taman Jaya adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.
Tingginya Curug Awang
Tingginya Curug Awang via @ilhamhilman | blog.reservasi.com
Curug Awang sendiri adalah air terjun pertama dari deretan tiga air terjun di sungai ciletuh yang ada di desa Taman Jaya kecamatan Ciemas. Pada musim kemarau dimana curah hujan kurang maka Curug Awang akan memiliki dua air terjun dengan air terjun utama di sebelah kanan dan air terjun kecil di sebelah kiri. Penduduk setempat menyebut air terjun yang kecil dengan sebutan Anak Curug Awang, sedangkan air terjun utama yang lebih besar dengan sebutan Curug Awang Indung.

Ketika musim hujan Curug Awang ini akan terlihat lebih indah, dimana seluruh bagian curug ini terpenuhi oleh derasnya air yang mengalir, sehingga apabila dilihat dari kejauhan curug ini akan terlihat mirip dengan air terjun Niagara mini di Amerika.
Panorama Curug Awang
Panorama Curug Awang via cool4myeyes.com
Dari Jakarta kamu bisa mengambil rute Bogor-Cihideung-Cijeruk-Sukabumi-Cikidang-Pelabuhan Ratu-Simpenan-Kiaradua-JampangKulon-Waluran dan berakhir di Tamanjaya. Untuk menuju lokasi curug Awang, bisa menggunakan mobil biasa (bukan offroad) karena keadaan jalan yang masih cukup bagus. Dari Sekretariat PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi) berjalan ke arah Selatan +/- 10 menit, lalu ada belokan ke arah kiri dengan penunjuk "Curug Awang". Curug Awang ini curug termudah untuk di kunjungi, batu-batu di sungainya pun berjarak deket satu sama lain, jadi memudahkan kita untuk pindah dari 1 spot ke spot lain untuk mencari angle foto yang bagus.





Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Diberdayakan oleh Blogger.