<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Kecamatan Takokak, Sebuah Kecamatan di CIanjur yang Lebih Dekat dengan Sukabumi
Indahnya perkebunan teh Cisujen Kecamatan Takokak
Inisukabumi.com - Sahabatku, di artikel ini saya akan sedikit bercerita tentang sebuah kecamatan yang berada di Cianjur tetapi lebih dekat dengan Sukabumi. Mungkin aga sedikit melenceng dari pembahasan utama situs ini karena situs ini saya pokuskan untuk membahas berbagai macam tentang Sukabumi, tetapi unek-unek di pikiran saya ini sepertinya tidak akan hilang sebelum saya tuangkan di situs ini.
Menikmati kebun teh di Kecamatan Takokak itu sungguh luarbiasa, apalagi dengan istri tercinta
Menikmati kebun teh di Kecamatan Takokak itu sungguh luarbiasa, apalagi dengan istri tercinta
Alasan utama saya sedikit membahas tentang Kecamatan Takokak ini karena saya adalah asli kelahiran Takokak, tepatnya di Kampung Cibuluh RT 01 RW 04 Desa Waringinsari Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat. Jadi meskipun saya mengelola situs dan sekarang tinggal di Sukabumi tetapi sampai saat tulisan ini saya buat saya masih mempunyai KTP Cianjur dengan alamat rumah seperti yang telah dituliskan diatas.
Kecamatan Takokak, Sebuah Kecamatan di CIanjur yang Lebih Dekat dengan Sukabumi
Ketika pulang ke kampung halaman tidak lagi sendiri, inilah yang saya bawa

Kalau selama ini sahabat mengenal nama Takokak yang identik dengan nama lalapan, tetapi sebelarnya ada juga kecamatan yang bernama Takokak. Takokak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Cianjur Selatan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak di ujung selatan Cianjur dan ujung Sukabumi. Merupakan kecamatan perbatasan antara Sukabumi dan Cianjur yang dipisahkan oleh sebuah sungai yang bernama sungai Cibeber.
Yang saya tahu selama ini kecamatan Takokak mempunya 9 desa, yaitu :
  1. Bungbangsari
  2. Cisujen
  3. Hegarmanah
  4. Pasawahan
  5. Simpang
  6. Sindanghayu
  7. Sindangresmi
  8. Sukagalih
  9. Waringinsari
Secara administratif sudah jelas bahwa kecamatan Takokak ini berada dibawah Kabupaten Cianjur, tetapi dalam kehidupan sehari-hari nyatanya orang-orang di Kecamatan Takokak lebih bertolak ukur ke Sukabumi baik Sukabumi Kota ataupun Kabupaten Sukabumi. Hal ini dikarenakan jalan utama yang menuju ke kecamatan Takokak bermuara di Sukabumi, sehingga tidak aneh kalau perekonomian warga Takokak lebih cenderung terarah ke Sukabumi.

Dibeberapa desa seperti desa Bungbangsari, Cisujen, Hegarmanah dan Pasawahan penduduknya banyak yang berprofesi sebagai pekebun, mereka banyak mengelola perkebunan sayur dan kebutuhan pangan lainnya. Hasil dari perkebunan tersebut saat ini lebih banyak didistribusikan ke Sukabumi daripada ke Cianjur. Bagaimana tidak karena untuk menuju Cianjur dengan menempuh jalan yang bagus diharuskan untuk melewat Sukabumi terlebih dahulu. Kadang saya juga merasa lucu, dari kabupaten Cianjur menuju Cianjur Kota itu harus melewati daerah lain dulu yaitu Sukabumi. Ketika saya dulu saya mau ke SMA yang letaknya di Jl. Raya Bandung Km. 3 sana, saya lewat Sukabumi dulu untuk naik Bis. 

Takokak Jago (Jalan Goreng)



Tetapi dibalik keindahan dan kekayaan alamnya, Kecamatan Takokak masih mempunyai permasalahan besar dibidang insfrastruktur, jalan-jalan di Kecamatan Takokak masih dibilang sangat buruk, entah karena apakah penyebab pemenrintah daerah dan pihak terkait kurang memperhatikan jalanan di Takokak ini.
Semoga kedepannya jalanan di Kecamatan Takokak bisa menjadi lebih baik inimal seperti di daerah pelosok Sukabumi yang hampir semuanya sudah di aspal. Aamiin.



Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.