<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga

Inisukabumi.com - Sahabatku, Indonesia memanglah sebuah negeri yang subur, sebuah peribahasapun mengungkapkan bahwa di Indonesia ini menacapkan tongkat ke tanah pun maka tongkat tersebut bisa tumbuh.  Namun, pribahasan itu nampaknya sudah kurang berlaku di perkotaan yang lahan tanahnya sangat terbatas, sehingga kalaupun mau bertanam maka diperlukan alternatif media tanah lain selain langsung bertanam diatas tanah.

Contoh penggunaan solar cell sebagai pembangkit listrik yang listriknya digunakan untuk kebutuhan bertanam di KAC
Di artikel ini saya akan sedikit memberikan rekomendasi tempat bagi siapa saja yang ingin belajar tentang berbagai macam teknik bercocok tanam, baik itu bertanam secara organik, hidroponik hingga bertanam secara aquaponik. Tempat tersebut adalah  Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC).

Instalasi aquaponic di KAC, aquaponic ini penggabungan dari budidaya ikan lele dengan menanam sayuran
Instalasi aquaponic di KAC, aquaponic ini penggabungan dari budidaya ikan lele dengan menanam sayuran
KAC Sukabumi yang berada di Jalan Kapitan, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. KAC ini dikelola langsung oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kota Sukabumi. Pengembangan kawasan tersebut menjadi agroeduwisata dimulai sejak 2015 lalu.

Salah satu instalasi hidroponik yang ada di KAC
Salah satu instalasi hidroponik yang ada di KAC
Menurut pengelolanya sendiri, setiap harinya selalu saja ada pengunjung yang datang ke KAC ini, mulai dari anak-anak pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), SMP, SMA, perguruan tinggi hingga masyarakat umum. 

Setelah datang ke KAC ini, diharapkan pengunjung bisa memahami teknik bertanam yang tidak hanya secara tradisional, melainkan sudah banyak teknik modern yang sama sekali tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Jadi ketika tidak ada lahan atau tanah terbuka pun kita masih bisa bertanam.

Area peternakan sapi
Kawasan agroeduwisata yang luasnya mencapai 4,5 hektare ini sebenarnya tidak hanya menyediakan edukasi tentang budidaya tanaman, tetapi ada juga berbagai macam peternakan, seperti peternakan sapi, domba, unggas dan yang lainnya, tetapi untuk peternakannya insya Allah akan saya ceritakan di artikel selanjutnya. Jadi jangan bosan-bosan ya berkunjung ke situs ini.




Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.