<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Baca Juga


Inisukabumi.com - Sahabatku, di artikel kali ini saya mau sedikit mereview Taman Pemandian Air Panas (TPAP) Cikundul Sukabumi, yang mana pemandian air panas ini menjadi salah satu wisata yang dikelola langsung oleh pemerintah Kota Sukabumi lewat Bidang Pariwisata Disporaparnya.

Suasana berendam kaki di Pemandian Air Panas Cikundul ketika sedang ramai
Suasana berendam kaki di Pemandian Air Panas Cikundul ketika sedang ramai
Terakhir kali saya berkunjung ke pemandian air panas cikundul ini sebelum kemarin datang lagi yaitu sekitar satu tahun yang lalu, tepatnya ketika saya masih berstatus lajang. Waktu itu saya bersepedah dari kostan yang berada didekat alun-alun kota sukabumi, ketika berangkat sih jaraknya terasa tidak begitu jauh soalnya kebanyakan jalan menurun, tetapi ketika pulang kembali rasanya luar biasa mengayuh sepeda sambil menanjak ditambah sorotan sinar matahari yang lagi terik.

Baiklah, itu hanya sedikit nostalgia yang kurang begitu penting, hehe. Yang aga sedikit pentingnya yaitu pendapat saya mengenai pemandian air panas cikundul ini. Setahun lalu ketika saya kesana bersepeda, pemandian ini tampak cukup kumuh, belum ada yang bisa membuat mata saya terpana karena yang ada hanyalah sebuah kolam air panas yang tidak begitu besar dan satu kolam air dingin yang ukurannya cukup besar. Disertai beberapa kamar berendam dan juga beberapa penginapan yang sepertinya sudah cukup berumur. Ketika itu saya beberapa kali berpikir, kok bisa potensi sebagus ini tapi kurang terurus, padahal ini bisa menjadi sesuatu yang bisa berkali-kali lebih wah dari yang ada waktu itu.

Sebagai pengunjung, waktu itu saya memang belum bisa apa-apa selain menikmati yang sudah tersedia, dan sekarang pun saya masih belum bisa berbuat banyak untuk pemandian air panas cikundul selain mereview dan nanti sedikit memberikan masukan untuk mempercantik lagi potensi wisata ini.

Kekumuhan destinasi wisata tersebut ternyata kini sudah semakin dibenahi, hari minggu kemarin (29 mei 2018), saya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan di pemandian air panas cikundul, saya mendapatkan info dari kuncen sukabumi today yaitu Kang Gery, sehingga saya bisa mendapatkan bahan untuk menulis artikel ini.

Dinding di salah satu bagian parkiran Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi
Dinding di salah satu bagian parkiran Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi
Tempat pemandian air panas cikundul sudah berbenah, dimulai dari parkiran dan pintu masuk pun sudah terasa sentuhan seninya,  beberapa fasilitas baru sudah terlihat ketika saya masuk lebih dalam lagi yaitu ke area pemandian air panas, salah satu pinggir kolam kini sudah dibuatkan atap dengan desain tradisional, ada juga ornamen dan tulisan cikundul yang menawan dan cocok buat berselfie

Bagi yang tidak takut ketinggian, disediakan pula spot berselfie dan bisa juga untuk menikmati keindahan alam, spot tersebut berada diatas pohon dengan ketinggian sekitar 7 meter. 

Nyobain groufie bareng kang Afrizal ( Blogger bandung pemilik situs www.afrizal69.com )
Bagi yang mau botram atau sekedar berduduk santai, disediakan juga gazebo si leugeut teureup dengan desain yang menarik disertai tempat selfie yang ciamik.

Gazebo Si Leugeut Teureup
Beranjak kesebelah atas didekat kolam dingin, kini ada saung kamonesan yang bisa digunakan untuk pertunjukan komunitas. Di dekat kolam dingin juga gazebonya sangat besar.

Kolam air dingin Cikundul beserta gazebonya
Kolam air dingin Cikundul beserta gazebonya
Itulah beberapa pengembangan dari pemandian air panas cikundul yang sangat saya apresiasi, dengan diadakannya pengembangan ini tentunya akan lebih memanjakan para pengunjung sehingga diharapkan akan lebih banyak lagi pengunjung yang datang ke area wisata ini.

Usulan Penambahan Beberapa Fasilitas Baru

Selain dari pengembangan yang sudah dilakukan, nampaknya saya masih mempunyai unek-unek yaitu beberapa usulan yang diperkirakan akan membuat pemandian air panas cikundul ini lebih waw. Beberapa usulan tersebut diantaranya:

1. Ditambahkan Satu Kolah Air Panas Lagi Khusus Anak-Anak

Dengan beberapa perombakan nampaknya bisa ditambah lagi satu kolam untuk anak-anak
Dengan beberapa perombakan nampaknya bisa ditambah lagi satu kolam untuk anak-anak
Kolam khusus anak-anak ini sebaiknya mempunyai suhu air yang tidak terlalu panas dan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Karena kolam air panas saat ini baru satu dan kalau pagi-pagi suhunya sangatlah panas meski buat orang dewasa, selain itu kedalamannya juga lumayan kalau bagi anak-anak. Dengan ditambahkannya kolam khusus anak ini saya yakin jumlah pengunjung akan iku meningkat, karena sekarang sudah jamannya diadakan kawasan atau taman ramah anak.

2. Perbanyak Spot Berselfie

Diabad yang sudah serba modern ini, jumlah pengguna medsos terutama instagram terus meningkat, hampir semus orang terutama muda-mudi pasti butuh eksistensi. Banyak dari mereka yang datang ke suatu tempat wisata buka hanya karena ingin menikmati tempat wisata tersebut, tetapi mereka ingin juga berfoto sehingga bisa memajang fotonya di instagram. Nah dengan diperbanyaknya spot foto yang unik dan menarik tentunya akan menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung.

3. Penambahan Perosotan dan Water Boomb di Kolam Dingin

Perosotan dan waterboomb bukanlah hal yang aneh di sebuah kolam renang, jadi ga ada salahnya kan kalau di cikundul juga ditambahkan itu. Bahkan pastinya akan lebih membuat pengunjung senang dan banyak yang akan tertarik untuk bermain disana.

4. Pembuatan Flying Fox

Mungkin usulan ini terlalu mengada-ada, tapi kalau diadakan yang pasti lebih seru.
Area disekitaran kolam air panas bisa dimanfaatkan untuk ini, flying fox bisa dibuat melintasi bagian atas kolam air panas. Dengan suasana yang berada dipinggir sungai besar, tentunya akan memberikan kesan tersendiri yang berbeda dari flyingfox yang lain.

5. Pemisahan Antara Ruangan Ganti Laki-Laki dengean Ruangan Ganti Perempuan

Ini salah satu yang saya soroti waktu beberapa kali berkunjung kesana, sampai waktu kemarin berkunjung kesanapu nampaknya ruang ganti baju masih belum dipisahkan. Untuk beberapa orang mungkin tidak mempermasalahkan ini, tetapi secara etika juga sebaiknya ruangan ganti itu dipisah, sehingga menjadi lebih aman dan nyaman.

Itulah sedikit usulan dari saya, kalau saya perkirakan sih ini bukan suatu yang susah bagi pemkot, buktinya membuat santasea yang begitu megah aja bisa, pasti dong terus membenahi kolam air panas cikundul juga bisa.

Kalau punya tanggapan untuk artikel ini, sahabat bisa menyampaikannya di kolom artikel.




Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.

Baca Juga


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.