Tampilkan postingan dengan label Curug. Tampilkan semua postingan

Foto : Hidayat Asep

Curug Nangsi 3 In 1
Curug Cikupa yang berada di kawasan Curug Nangsi 3 In 1
Ini Sukabumi - Sob, udah lama nih saya ga berbagi informasi tentang Wisata di Sukabumi. Dan di postingan kali ini, saya akan sedikit berbagi informasi tentang salah satu air terjun yang berada di daerah Waluran, air terjun tersebut adalah Air Terjun Nangsi 3 In 1, atau yang selanjutnya akan saya sebut Curug Nangsi 3 In 1.

Curug Cibenda di kawasan Curug Nangsi 3 In 1
Curug yang pertama kali diperkenalkan ke dunia maya oleh Kang Hidayat Asep ini berada di Kampung Lebak Nangsi, Desa Sukamukti Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi.
Alasan pemberian nama Curug nangsi 3 In 1 ini tak terlepas dari lokasi curug itu sendiri, karena dalam satu lokasi terdapat tiga curug sekaligus. Curug tersebut adalah Curug cipoho, curug Cibenda dan Curug Cinangsi.

Curug Cinangsi di kawasan Curug Nangsi 3 In 1
Itu sob sedikit informasi tentang Curug Nangsi 3 in 1 yang berada di daerah Waluran Kabupaten Sukabumi. Untuk informasi lebih lanjutnya, silahkan sobat hubungi dibawah ini:

Facebook    :  Curug Nangsi 3 in 1
Handphone :  085722182480


Curug Pareang
Inilah Keindahan Curug Pareang

Ini Sukabumi - Keindahan Curug Pareang yang berada di Dusun. Sindang Resmi Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi ini tak di ragukan lagi. pesona air terjun ini dapat memikat siapapun yang datang kesana. Suasana yang sejuk dan segar akan memanjakan mata anda serta membuat anda ingin berlama-lama disana. Namun di sayangkan bahwa akses untuk ke curug pareang ini sangat minim karena jalan yang rusak parah dan juga kurangnya perhatian dari pemerintah daerah sehingga terlihat sangat tidak terawat. Tidak adanya tempat untuk membuang sampah membuat para pengunjung dengan bebas membuang sampah sembarangan sehingga menjadi berserakan dan kotor.

Namun ketika anda sampai di curug ini semua akan terbayar karena Curug pareang ini sangat indah dan ketika debit air tidak terlalu tinggi, anda bisa menaiki bebatuan yang ada di curug tersebut. Tapi sangat tidak di sarankan untuk menaiki curug ini jika debit air sedang tinggi karena bebatuan yang licin dan arus yang cukup deras. Untuk mencapai curug ini, kita menempuh perjalanan kurang lebih 1 setengah jam dari kota Sukabumi menggunakan sepeda motor. Dan ini di bawah ini beberapa foto yang saya ambil ketika di curug pareang :





Baik sahabatku, itulah sedikit artikel tentang Curug Pareang Sukabumi yang juga merupakan artikel pertama di blog ini, semoga bisa bermanfaat.
Terus jangan lupa untuk sering-sering berkunjung ke blog ini ya, karena akan banyak informasi baru yang di muat di blog ini. Nantikan juga ya artikel-artikelku selanjutnya. Hehe

Selain itu, bagi sahabat semua yang suka menulis dan juga suka jalan-jalan, yuk kirimkan saja artikel dan foto-fotonya kesini, insya Allah pasti di muat ko. :)


#Wista #Air Terjun #Kabupaten Sukabumi

Tujuh Wisata Air Terjun di Sukabumi yang Harus di Kunjungi

Curug Cigangsa via Dedi Suhendra
Ini Sukabumi - Sob, setelah artikel yang berjudul "Daftar Curug di Sukabumi" menempati posisi pertama di GOOGLE, saya putuskan untuk membuat artikel yang berjudul "Tujuh Wisata Air Terjun di Sukabumi yang Harus di Kunjungi" dengan tujuan supaya Wisata Air Terjun di Sukabumi ini bisa lebih dikenal oleh dunia.

Langsung saja sob, ini dia:

 Tujuh Wisata Air Terjun di Sukabumi yang Harus di Kunjungi:

Air Terjun Cikaso

Menikmati keindahan Curug Cikasi, source : dakatour.com
Air Cikaso merupakan salah satu air terjun terindah di Sukabumi, mempunyai tiga bagian air terjun dan dikelilingi pepohonan yang rindang membuat air terjun ini sangat eksotis dan cocok untuk kamu kunjungi. Ditambah dengan kemilau sinar matahari yang menembus celah dedaunan akan membuatmu tidak henti-hentinya mengagumi keindahan ciptaan Tuhan ini.

Air Terjun Cikanteh

Air Terjun Cikanteh, Air tetjun yang berada dibebatuan purba, image from instagram @arieramdani0305

Air Terjun Cigangsa

Curug Cigangsa dengan bebatuannya yang begitu menawan, image via instagram @halimzen

Air Terjun Bibijilan

No one can change the past, but everyone has a power to change the future. Image via instagram @hilmanwinanjar17


Air Terjun Caweni

Ada benarnya nasehat orang orang suci, Memberi itu terangkan hati Seperti matahari Yang menyinari bumi.
Image from instagram @wildan_rizky02

Air Terjun Cimarinjung

Menyanjung Curug Cimarinjung, image from instagram @otongyurihttps://www.instagram.com/otongyuri/

Curug Sodong

Berbincang di tengah sejuk nyah alam dan indah nya kekuasaan Sang Pencipta.
image from instagram @alamagustian1933https://www.instagram.com/alamagustian1933/

Itu dia sob ketujuh Air Terjun terindah versi "inisukabumi.com", semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
Barang kali sobat juga ingin tahu tentang pantai apa saja yang ada di Sukabumi, silahkan saja baca artikel:

Ini Sukabumi - Sob, Air Terjun merupakan salah satu obyek wisata yang tak akan tertinggalkan dari daftar obyek wisata dipikiran kita. Karena selain indah dipandang, suasananya juga bisa membuat pikiran kita rileks dan nyaman.
Kali ini saya mau berbagi tentang 10 Air Terjun di Sukabumi yang Wajib dikunjungi, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

10 Air Terjun di Sukabumi



















Nah itu sob daftar 10 Air Terjun di Sukabumi yang kami angap paling keren, kalau mau tahu daftar semua air terjun di Sukabumi, sobat bisa membacanya di Daftar Curug di Sukabumi

Curug di Sukabumi
Foto : Detik Travel
Ini Sukabumi - Sob, Sukabumi itu memang memiliki banyak sekali curug, dan hampir semuanya indah.
Malah ada beberapa curug yang sudah menjadi ikon dari Sukabumi.
Kali ini saya mau berbagi info tentang curug apa aja yang ada di Sukabumi, semoga bermanfaat.

Daftar Curug di Sukabumi

"Klik Untuk Melihat Secara Jelasnya"
  1. Curug Cikaso
  2. Curug Sawer
  3. Curug Cangkuang
  4. Curug Cikanteh
  5. Curug Cigangsa
  6. Curug Piit
  7. Curug Bibijilan
  8. Curug Cibeurem
  9. Curug Caweni
  10. Curug Pareang
  11. Curug Cimarinjung
  12. Curug Cipadaranten 
  13. Curug Cikudapaeh
  14. Curug Cipamulaan
  15. Curug Cimantaja
  16. Curug Cimanaracun
  17. Curug Pareang
  18. Curug Caweni
  19. Curug Luhur
  20. Curug Cicurug
Itu dia sob Daftar Curug di Sukabumi, kalau sobat penasaran dengan curug-curug diatas, silahkan kunjungi langsung saja, hehe
Barang kali sobat masih berkenan untuk membaca artikel di blog ini, saya saranin juga untuk membaca artikel dibawah ini:

Hastag terkait :

Ini Sukabumi - Sob, di artikel kali ini saya mau coba sdikit berbagi informasi tentang salah satu Air Terjun terindah di Kabupaten Sukabumi, air terjun tersebut adalah Air Terjun Cimarinjung atau yang di artikel ini akan saya sebut Curug Cimarijung. Curug Cimarinjung terletak di Desa Ciwaru, Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cimarinjung ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan mengalir di Sungai Cimarinjung.

Curug Cimarinjung, Sukabumi
Menyanjung Cimarinjung via jelajahsukabumi.com
Curug Cimarinjung ini masih berada di kawasan Geopark Ciletuh, Akses menuju Curug Cimarinjung masih dapat dikatakan cukup sulit. Selain jaraknya yang cukup jauh, rutenya yang cukup memutar, serta kondisi jalan yang masih kurang baik menjadikan objek wisata ini masih belum terlalu dikenal. Tetapi setelah diadakan berbagai bentuk promosi dan pengembangan, objek wisata ini mulai dikenal oleh banyak orang, bahkan peneliti dari UNESCO juga sudah sempet datang kesini untuk melakukan penelitian, karena di area Geopark Ciletuh ini terdapat banyak sekali tanda-tanda bebatuan yang masih menunjukan sisa-sisa jaman purbakala.

My Trip My Adventure Datang Ke Curug Cimarinjung

Sahabatku, salah satu acara favorit saya akhirnya syuting di Geopark Ciletuh dan salah satu spotnya yaitu Curug Cimarinjung ini. Ya, acara My Trip My Adventure TRANS TV akhirnya datang kesini dan dipandu oleh Deni Sumargo (Densu) dan juga David John Schaap.
My Trip My Adventure edisi Geopark Ciletuh ini tayang di TRANS TV pada hari Sabtu, 08 Agustus 2015. Berikut adalah foto-foto yang saya ambil dari akun instagram resmi MTMA dan juga dari Grup SUKABUMI FACEBOOK yang di upload oleh kang Dedi Suhendra dan kawan-kawannya.
My Trip My Adventure Datang Ke Curug Cimarinjung
Densu dan David di Curug Cimarinjung via MTMA
Densu dan David bersama tunggangannya via Endang Sulaiman
Densu dan David bersama kawan-kawan komunitas sedang "metis" mangga muda dan jambu air di Curug Cimarinjung via Hidayat Asep

Indahkan... via Dedi Suhendra, SUKABUMI FACEBOOK

Lokasi :
Terletak di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS: 7° 10' 11.35" S  106° 28' 24.58" E

Hastag terkait :

Wisata Air tejun Cimantaja Sukabumi
Foto : Sukabumi Newbe Creation
Ini Sukabumi - Sob, Sukabumi itu memang mempuyai alam yang tidak rata, berbeda dengan Jakarta, hehe
Sehingga banyak terdapat Air Terjun yang bisa dikunjungi. Air terjun tersebut salah satunya adalah Air Terjun Cimantaja, atau dalam bahasa sundanya suka disebut Curug Cimantaja.

Curug ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH), yaitu didesa Cikiray, Cikidang Sukabumi.

Untuk sampai di air-terjun Cimantaja (Curug Cihanjawar), sobat harus menyusuri jalan setapak perkebunan teh Nirmala & melewati 6 kampung; total jaraknya sekitar 10km. 

Kalau sobat semua mau berkunjung kesana, tinggal datang aja ke Cikidang Sukabumi, lalu tanyainaja arah ke curug cimantaja, mereka pasti pada tahu kok, hehe

Hastag terkait :

Air Terjun Cimanaracun
Air Terjun Cimanaracun, Wisata Alam Dengan Rute Ekstrim

Ini Sukabumi - Sob, apa kalian pernah mendengar obyek wisata alam dengan nama "Air Terjun Cimanaracun"??
Mungkin hanya sebagian orang yang pernah mendengar nama ini, karena air terjun ini berada didalam hutan, yaitu  terletak di Situgunung Natural Park, bagian dari Gunung Gede Pangrango-Taman Nasional, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Lebih tepatnya yaitu dekat Obyek Wisata Alam Situ Gunung.


Dengan lokasi didalam hutan yang juga merupakan lereng gunung, tidak mudah bagi kita untuk bisa sampai ke air terjun ini, karena kita hanya melewati jalan setapak yang terdiri dari susunan batu alam.
Tapi seandainya sedang musim kemarau, kita bisa kesana menggunakan Motor Trail, hanya saja kalau musim kemarau airnya pasti kecil, karena sumber air dari air terjun ini murni dari pegunungan.
Dan ane juga kurang beruntung ni, so'alnya curugnya lagi kering, wkwkwkwkwk

Air Terjun Cimanaracun
Air Terjun Cimanaracun, Wisata Alam Dengan Rute Ekstrim

Kalau sobat lagi berkunjung ke obyek Wisata Sutu Gunung, ga ada salahnya ko sekalian main ke curug ini, karena jaraknya ga jauh-jauh amat sih, hehe

Air Terjun Curug Cicurug Sukabumi
Ini Sukabumi - Dipostingan sebelumnya, ane udah ngepost banyak banget tentang wisata air terjun di Sukabumi, dan kali ini ane mau ngeshare juga tentang salah satu air terjun yang sayang jika kawan-kawan lewatkan, namanya adalah Curug Cicurug. 

Curug Cicurug terletak di kecamatan Cibitungang lebih sekitar 70 km dari Palabuhanratu. Disini tempatnya sangat indah, yakni air terjun 3 lintasan, kebayang kan, hehe
Selain itu, disini juga kita bisa menikmati asiknya naik perahu sampan, jelajahi sungai, perkemahan,  dan menjajaki bebatuan. 

Fasilitasnya juga lengkap ko, mulai dari tempat makan murah, wc umum, parkir mobil, motor, telpom umum, penginapan, semua ada disini, jadi ga usah khawatir ya, hehe
Jadi tunggu apa lagi, yuk kita kain kesana ^_^

Untuk versi bahasa Indonesianya, silahkan klik disini

Guys , Actually this  waterfall named Sublime , but many people prefer the waterfall named Cikaso . This is because the water flow from a tributary Cikaso . To reach the place we need a guide , because the route to the waterfall does not have a guide at all . The cost of the guide rents are relatively expensive , ie less than 100,000 . This price is appropriate in my opinion for the size guide that brings us to the hidden paradise . Landline terrain traversed is quite difficult , but because it can not be traversed by four wheel drive or two-wheel , you also have to go through small streets and fields belonging to residents .

If you do not like walking on the road, you might be more relaxed by taking the path of the river . Many tourists who prefer to take the path of this one , but because your feet do not need to spend a lot of energy , you will only be treated to the sights along the river from the top of the boat you are riding . Because of the amazement you might be wondering " What we are in the Grand Canyon ? "
This waterfall is located in the village Ciniti , Cibitung villages , districts Cibitung - Jampang Kulon , which is about 70 km from Pelabuhan Ratu . In this area there is also a waterfall that is no less charming with waterfall Cikaso , namely Cingangsa waterfall . Only about 10 km from the waterfall Cikaso

Ini Sukabumi - Curug Pareang sangat menawan dengan kenampakan sebagai sungai di dinding bukit. Pada saat musim kemarau, debit airnya kecil sehingga bisa didaki.  Akan tetapi mendaki lereng melewati sungai ini sangat tidak disarankan karena licin dan berbahaya.  Apabila mau melihat keindahan alam dari puncak, bisa mendaki lewat samping sungai (sudah ada jalan setapaknya).
Lokasi terletak di Desa Sindang Resmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.

Hastag terkait :

Foto: Basic Training LDK AL-UMM
Ini Sukabumi - Sob, kali ini saya mau berbagi informasi tentang salah satu Curug yang ada di Sukabumi, yaitu Curug Cibeureum.

Curug Cibeureum ini memiliki ketinggian terjunan air 54 meter dan berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut (dpl).
Lokasi terletak di kawasan wisata alam ”Pondok Halimun/PH” di hulu Sungai Cipelang, tepatnya di Desa Perbawati dan Desa Sundajaya Girang Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Untuk sampai kesini, sobat semua harus berjalan kaki dulu, so'alnya belum ada jalur motor yang langsung kesana, lumayan jauh deh, hehe. tapi begitu sampai diasana, rasa lelah tersebut akan langsung terobati oleh indah dan sejuknya suasana di Curug Cibeureum.

Kalau sobat mau kesana, saya saranin berangkatnya banyakannya, so'alnya kalau dikitan mah ga bakalan seru, wkwkw
Itu juga foto waktu dulu saya dan temen-temen Lembaga Dakwah Kampus AL-UMM ngadai Basic Training, dan endingnya di Curug Cibeureum ini, hehe

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang Curug Cibeureum, semoga bermanfaat ya.. :)
Kalau mau tahu tentang curug aja yang ada di Sukabumi, silahkan saja untung membaca artikel --> Daftar Curug di Sukabumi

Hastag terkait :

Ini Sukabumi - Air Terjun Bibijilan berada di kawasan wisata Buni Ayu dan memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan airnya yang dingin dan sejuk berwarna hijau tosca meluncur dari bebatuan kapur. Air terjun ini bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki hingga puncaknya. Jika musim hujan tiba, Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena debit airnya yang tinggi dan cukup deras. Curug ini juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing dan flying fox.

Nama bibijilan berasal dari bahasa sunda yang berarti bermunculan, dengan kata lain air yang bermunculan dari dalam perut bumi (dari dalam gua) membentuk teras aliran air dan kolam-kolam kecil.

Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan Sukabumi


Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Bibijilan Sukabumi

Curug Sawer - Sukabumi
Indahnya Curug Sawer

Ini Sukabumi - Kalau anda pernah berkunjung ke danau cantik Situ Gunung, anda pasti tahu air terjun yang manis satu ini. Ini karena air terjun ini masih berada dalam Kawasan Wisata Situ Gunung – Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP). Untuk menempuhnya anda membutuhkan perjuangan dan semangat khusus selain karena medannya yang menantang, jaraknya juga relatif jauh dari wisma yang ada di Situ Gunung.

Jika anda berminat, silakan catat alamatnya. Curug ini terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.
Saya sarankan untuk mengunjunginya pada pagi hari tepat ketika sinar mentari menembus lembah-lembah dan bersinar di atas curug ini

Hastag terkait :

For the English language version, please click here

Ini Sukabumi - Sob, Sebenarnya air terjun ini bernama Curug Luhur, tapi banyak masyarakat yang lebih suka menamainya Curug Cikaso. Ini karena airnya mengalir dari anak Sungai Cikaso. Untuk menjangkau tempatnya kita butuh seorang pemandu, sebab rute menuju curug ini tidak memiliki penunjuk jalan sama sekali. Biaya sewa pemandunya relatif mahal, yakni kurang dari Rp.100.000. Ini harga yang sesuai menurut saya untuk ukuran pemandu yang membawa kita menuju surga yang tersembunyi. Jalur darat yang dilalui merupakan medan yang cukup sulit, selain karena tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, anda juga harus melalui jalan-jalan kecil dan ladang milik penduduk.

Jika anda tidak suka berjalan di jalur darat, anda mungkin bisa lebih rileks dengan mengambil jalur sungai. Banyak wisatawan yang lebih suka mengambil jalur yang satu ini, selain karena kaki anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, anda juga hanya akan disuguhi pemandangan di sepanjang aliran sungai dari atas perahu boat yang anda tumpangi. Saking takjubnya anda mungkin bertanya-tanya “Apakah kita sedang berada di Grand Canyon?”
Curug ini terletak di di kampung Ciniti, kelurahan Cibitung, kecamatan Cibitung – Jampang Kulon, yaitu sekitar 70 km dari Pelabuhan Ratu. Di kawasan ini juga terdapat curug yang tidak kalah menawan dengan Curug Cikaso, yaitu Curug Cingangsa. Hanya sekitar 10 km dari Curug Cikaso.

Mantep kan sob, udaaah.... datengin aja :D

Hastag terkait :



Curug Cigangsa - Kecamatan Surade Sukabumi

Nama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur.  Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan diperkirakan terbentuk akibat gempa yang cukup kuat sehingga mengakibatkan longsor. Curug ini memiliki debit air yang kecil, hal ini dikarenakan di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi.  Keunikan Curug Cigangsa adalah  dinding batunya berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir. Disekitar lokasi ini terdapat sebuah batu. Batu ini oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan batu Masigit, atau Batu Masjid, barangkali karena bentuknya.  Di Curug Cigangsa ini pengunjung dapat menikmati keindahan curug dari dua arah, yaitu dari atas dan bawah.

Nama Gangsa ini diambil dari nama orang Eyang Gangsa.
Selain itu juga tempat ini semasa penjajahan Belanda kerap kali dijadikan tempat persembunyian para pejuang. 

Objek wisata alam Curug Luhur Cigangsa Batusuhunan merupakan peninggalan bersejarah di Kecamatan Surade. Alamnya yang indah, panoramanya menakjubkan dengan bebatuan seperti ukiran candi. Dan merupakan aliran sungai hanyutnya Nyi Putri Suradewi putri Rd. A.A. Jagabaya Bupati Galuh Imbanagara tahun 1732 – 1751. Beliau adik Eyang Wirasantri Dalem Cigangsa  tokoh pendiri SURADE dan yang menyebarkan ajaran agama Islam di Surade  juga sebagai pejuang kemerdekaan dalam mengusir penjajah belanda.

Diberdayakan oleh Blogger.