Tampilkan postingan dengan label Kuliner. Tampilkan semua postingan

Kuliner Sukabumi, JAWS Martabak Ice Cream and Jelly Ice Cream

JAWS Martabak Ice Cream
JAWS martabak ice cream & jelly ice cream
Ini Sukabumi - Sob, Sukabumi itu memang ga ada habis-habisnya deh kalau ngebicarain so'al kuliner.
Dan sekarang ada lagi ni yang jadi primadona dimata para pecinta kuliner, terutama kaum muda seperti saya, wkwkwk
Nama kuliner tersebut adalah "JAWS"

Apa seh itu jaws? 
aws itu salah satu brand makanan   yg anak muda bangeeett... tapi bisa dinikmati untuk berbagai kalangan... hehe
Dari harga nya yg terjangkau buat para pencipta kuliner, pasti tertarik buat coba menu-menu baru jaws...

Ad apa aja seh di jaws??? 
Jaws bru ad 2 menu aja... yaitu martabrak ice cream... n jelly ice cream...

Apa seh it martabrak ice cream? 
Adonan martabak di tabrak dgn sweet nya ice creaaam di tindih dengan aneka toping... so? bayangkan saja rasanya? hhee 
Buat jelly ice cream... dy ga jauh beda dari  martabraak... tapi kita gnti dengan sensasi kenyal2 lembut dr jelly n ice cream... ga lupa dgn toping nya...

Nah degan rasa sepertu itu berapa seh?
Ingaaat cuma "GOCENG" aja... kalian udh bsa nikmatin slah satu dari mereka...

Ada nya dimana yaa...??
Yups... ada nya pas baget di tempat yg g jauh dr kota sukabumi... yaitu.. dia ada di dago sukabumi alias Jl. Ir. H. Juanda No . 2...

Buka jam brapa aja?

Kalo hari biasa jam 11 ampe magrib sekitar jam 18:00,  kalo jum'at buka nya ngaret sekittar jam 13:00 soalnya shlat jum'at dlu... ampe malem buka nya...
Nah kalo sabtu minggu lebih panjang dari jam 11:00 sampe mlem, bisa ampe jam 20:00 ato lbh, soalnya sekalian nongkrong it mah... hhheee
Tapi emang kadang hari biasa sore jam 5 juga udah tutup gara2 keabisa.. hehe

So? mu apa lagi? msh mikir aja gtu? coba aja... cuman GOCENG buat ngilangin penasran, dan goceng kedua it tanda anda ketagihaaan!! hheee

JAWS Martabak Ice Cream and Jelly Ice Cream

JAWS Jelly Ice Cream
Menu JAWS :  Martabak Ice Cream & Jelly Ice Cream
Lokasi : Dago Sukabumi

JAWS Martabak Ice Cream and Jelly Ice Cream
Nongkrong di JAWS Dago Sukabumi

Wisata Kuliner Dago Sukabumi

Dago Sukabumi
Foto: Bagian tengah Dago Sukabumi,
nampak sebelah kiri dan kanan berjejer pedagang kaki lima
Ini Sukabumi - Sob, kalau mendengar kata "Dago", kebanyakan orang pasti langsung berpikir lokasinya di Bandung. Memang benar sih, tapi di Sukabumi juga kan ada, hehe, tepatnya di jalan Ir. H. Juanda Kota Sukabumi.
Memang sih kalau dibandingkan dengan Dago Bandung kelihatan jauh bedanya, tapi meskipun demikian, tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda Sukabumi. 
Salah satu yang menyebabkan tempat ini selalu ramai, adalah karena banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya ditempat ini, baik itu jajanan, ataupun kuliner lainnya.

Jajanan Dago Sukabumi

Banyak orang yang bilang kalau dago ini adalah "Pusat Jajanan di Sukabumi", engga heran sih, so'alnya mau jajanan apapun disini ada, haha
Mulai dari Aneka Gorengan, Juice, Martabak, Gehu, Cireng, Mie Ayam, Bakso, Cilok, dan lain sebagainya.
Selain jajanan khas sunda, disini juga banyak jajanan yang berasal dari daerah orang, seperti Seblak, JASUKE (Jagung Susu Keju), Pisang Keju, Makaroni Basah, Bakso Bakar, Sosis Bakar, dan lain sebagainya.

Kuliner Dago Sukabumi

Selain aneka macam jajanan, di situ juga banyak kuliner lainnya loh, seperti Nasi Padang, Bandrek BP, Raja Juice, Dan kafe-kafe kecil lainnya.

Pokoknya keren deh, tapi saya saranin kalau sebat mau main kesana, lebih baik siang hari, so'alnya kalau malam hari biasanya banyak pedagang yang udah pada pulang sorenya, karena salah satu pangsa pasar bagi para pedagang di Dago Sukabumi adalah Anak-anak Sekolah dan karyawan/mahasiswa.

Mungkin itu sob yang baru bisa ane share tentang Dago Sukabumi, nanti deh kalau dapat info baru lagi, artikel ini insyaAllah  akan saya update lagi, hehe

Udin RamenIni Sukabumi - Sob, Ada yang suka Mie Ramen ga??

Saya yakin hampir semuanya pada suka ya, hehe
Tenang aja sob, sekarang dihampir semua kota besar di Indonesia udah ada Mie Ramen ko. Begitu juga di Sukabumi, sekarang udah ada "Udin Ramen" yang menawarkan aneka varian yang begitumenggoda, hehe.

Tau ga dimana lokasinya Udin Ramen Sukabumi?? hehe
Udin Ramen ini berlokasi di Jl. Arief Rahman Hakim Kota Sukabumi, sekitar 30 meter ke arah bawah dari BANK MANDIRI Sukabumi.
Nah kalau sobat mau bermain kesini, sobat bisa berkunjung mulai jam 10:00 siang, so'alnya Udin Ramen ini banyak sekali penggemarnya, jadi jam segitu juga udah dibuka, wkwkwk
Emmm kalau misalkan siang ga ada waktu nih, tenang aja, sobat semua juga bisa mengunjunginya sore hari atau bahkan malam hari, so'alnya Udin Ramen kan tutupnya jam 22:00, hehe

Udin RamenSaya juga waktu kesana pertama kali, datang sekitar jam satu siang, eh ternya ngantri sob, haduuhhh kepaksa deh nunggu dulu yang lain pada keluar, so'alnya bangkunya penuh, haha
Setelah ada pengunjung yang pada keluar, baru deh saya dan teman-teman masuk.


Waktu itu saya kesana ber-6 sob, yaitu Saya (Ruswan), Sisie, Ulfah, Adam, Firman, dan Alif.
Kami memesan ramen sesuai selera masing masing, ada yang pesan rasa tom yam, ada yang memesan rasa kari, ada juga yang memesan yang lainnya, hehe
So'alnya disini menyajikan berbagai macam variasi, yaitu; mie ramen rasa original, rasa kari ayam, rasa kuah curry, soya ramen, tomyam ramen, kungpao ramen, gozila ramen, dan pelengkap lainnya.

Udin RamenNah kesemua varian rasa tersebut mempunya level kepedasan yang bermacam-macam sob, bisa kita sendiri yang nentuinnya.
Mulai dari "level 0" alias engga dikasih pedas, sampai "level 15" yaitu level tertinggi disini.
Saya sendiri juga baru nyobain level 5, so'alnya kan baru pertama kali berkunjung kesana, jadi belum tahu seberapa pedasnya mie ramen tersebut, tapi kalau misalkan kesana lagi, saya  bakalan pesen minimal "level 7", hehe, kan biar puas, wkwkwkwk

Selain enak sob, yang membuat Mie Ramen Khas Udin ini dikunjungi banya pelanggan adalah harganya yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 8-15 ribuan per porsinya, terjangkau kan :D

Wisata Kuliner Sukabumi : Udin Ramen Sukabumi

Udin Ramen

Gimana sob, tertarik?? udah datengin aja.. hehe

Mochi Kaswari
Ini Sukabumi - Setelah saya berbagi artikel tentang Resep Kue dan Cara Membuat Mochi Sukabumi, kali ini saya mau berbagi informasi lagi, yaitu tentang Mochi Kaswari "Lampion" : Oleh-oleh Khas Sukabumi".

Mochi Lampion memang identik dengan Sukabumi. Yang menarik ialah ketika warga Sukabumi melancong ke daerah lain diluar Sukabumi biasanya banyak orang yang bertanya: mana Mochi-nya? Mochi sendiri sebenarnya makanan dari Jepang yang telah mengalami akulturasi budaya sehingga kini melekat dengan kota yang juga identik dengan Ratu Selatan ini. Adapun sebutan Mochi Lampion sendiri merupakan salah satu produk Mochi yang ada di Sukabumi.
Apa yang menjadi daya tarik dan keunggulan Mochi sendiri? Banyak orang yang gemas denan bentuknya yang bulat-kecil, kenyal dan tersedia dalam aneka pilihan rasa sehingga tidak membuat konsumen bosan. Beberapa rasa Mochi yang bisa Anda nikmati seperti durian, cokelat, kacang, dan strawberry. Tuntutan pasarlah yang kemudian membuat Mochi kini mendiversifikasikan dirinya menjadi banyak pilihan rasa. Satu lagi yang membuat Mochi tersohor yakni bentuk packagingnya yang tradisional dan dibuat dengan tangan.

Mochi memang banyak jenis, merk dan yang menjualnya. Namun belum tentu Mochi-mochi tersebut memiliki kualitas yang sama. Makanya Anda disarankan untuk membeli Mochi yang dijual oleh pedagang yang direkomendasikan karena terbukti memiliki kualitas yang terbaik dan harga yang dianggap pas. Salah satunya ialah Mochi Lampion yang bisa Anda dapatkan di Gang Kaswari Sukabumi.
Lokasi

Mochi lampion bisa Anda dapatkan di Jalan Kaswari, Gang Kaswari II No 19, Sukabumi, Jawa Barat –Indonesia.
Jam buka: jam 09.00 – 17.00
Harga: Rp 10.000 – Rp 30.000

Cara Membuat Mochi Sukabumi
Ini Sukabumi - Sob, Sukabumi memang makanan khasnya adalah "Mochi", tapi banyak yang belum tahu bagaimana cara membuatnya.
Nah di artikel kali ini, saya mau berbagi tentang Resep Kue dan Cara Membuat Mochi Sukabumui. Resep ini saya ambil dari berbagai sumber yang terpercaya, jadi sobat jangan khawatir untuk mencobanya.






Resep Kue dan Cara Membuat Mochi Sukabumi

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kulit Mochi

  • 200 gram tepung ketan
  • 125 gram gula pasir
  • 30 gram mentega putih
  • 275 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Untuk Isi Mochi

  • 100 gram selai coklat
  • 25 gram susu bubuk

Bahan Untuk Pelapis Mochi

  • 75 gram wijen putih, sangrai

Cara Membuat Mochi Sukabumi

  1. Pertama membuat isinya terlebih dulu, dengan mencampurkan susu bubuk dan juga selai coklat. Aduk sampai rata, kemudian sisihkan.
  2. Berikutnya buat kulitnya, dengan menuangkan santan kedalam campuran tepung ketan dan juga tambahkan garam secukupnya. Aduk sampai rata, kemudian saring hingga halus.
  3. Kemudian tuangkan kedalam pinggan tahan panas, lalu kukus selama 30 menit menggunakan api berukuran sedang hingga matang. Setelah itu angkat dan mixer selgi panas dengan kaki bentuk spiral sambil tambahkan gula pasir, dan juga mentega putih hingga adonan kalis. Setelah itu biarkan adonan menjadi dingin.
  4. Setelah adonan dingin, ambil adonan kulit sebanyak 15 gr, bentuk menjadi pipih. Dan isikan dengan selai coklat, lalu bentuk menjadi bola. Kemudian gulingkan diatas wijen sebagai pelapis.



Ini Sukabumi - Sate tegal bahari di Cicurug merupakan tempat kuliner unik. kenapa unik?. ya uniknya ada sate Tegal di Bogor. he..he... . 
Bukan sate Kambing muda saja yang disiapkan, namun ada sate ayam, sop kambing, dan cemilan-cemilan Sukabumi lainnya. Jangan tanya rasanya. 

Sate Tegal Bahari Benda memiliki cita rasa yang enak sekali. Kambingnya muda dan empuk. Bumbu satenya legit sekali dan kecap yang digunakan kecap berkualitas, seperti kecap bango. 

Bila sobat yang suka minum teh poci khas Tegal, di Rumah Makan ini menyiapkan teh poci dengan gula batu, lengkap dengan poci dan cangkir tanah liatnya. hemmm... Yummy. Tentang harganya Sate Tegal Bahari yang berkelas mematok 1 porsi dengan 10 tusuk sate adalah Rp 23.000,- dan sepiring nasi Rp 5.000 . 
Teh poci di Tegal Bahari dipatok Rp 10.000,-. 

Jika sobat penasaran silahkan mampir di Rumah makan Sate Tegal Bahari di Jl. Raya Siliwangi Benda Cicurug - Sukabumi.

Sate Mang Mamat Sukabumi
Tempat Makan Sate dan Sop Kambing Mang Mamat 
Ini Sukabumi - Sahabatku semua yang ku sayangi, ada satu tempat lagi nih yang cocok buat para pecinta kuliner ataupun yang lainnya, yaitu Sate dan Sop Kambing Mang Mamat.

Letaknya yang berada di jantung Kota Sukabumi, yaitu sebelahnya Masjid Agung Sukabmui membuat tempat makan ini begitu terkenal, karena semua yang ke mesjid agung lewat kiri ataupun yang melewati Jl. Jendral Ahmad Yani kebawah, pasti melewati tempat ini.

Meski sudah terkenal dan pengunjungnya rame terus setiap harinya, tetapi harganya masih tetap dikiaran rata-rata.

Jadi kalau nanti sobat semua diberi waktu dan kesempatan, apa salahnya nyobain nikmatnya makan disini, hehe

Ini Sukabumi - Kalau bicara soal sate, tentu Warung Sate Shinta yang jadi trending topic-nya! Mulai dari sate ayam, sapi, terutama sate kambing menjadi primadona yang selalu dicari pelanggan setia kami, itulah kata-kata yang ane kutif dari website resmi Warung Sate Shinta.

Memang sob, tempat kuliner ini orang-orangnya pada jago banget kalau bikin sate, sekarang aja cabangnya udah banyak.
Berdiri pertama kali di Jalan Raya Cipanas No. 20 Cianjur sejak tahun 1977, kini Warung Sate Shinta telah banyak membuka cabang baik di Cianjur sendiri, Bogor,  Bandung dan Juga Sukabumi.

Jadi Kalau sobat semua mau ngerasain lezatnya sate yang memang beda sama yang lain, datang aja ya ke Warung Sate Shinta Cabang Sukabumi, alamatnya di Jl. Siliwangi No.86 Sukabumi.

Oke sob... :)


Bebek Jontor Sukabumi

Mantaaapp... :D
Ini Sukabumi - Sob, ini dia nih salah satu kuliner terdahsyat pedasnya di Sukabumi.
Ya, memang begitulah adanya, dengan mengandalkan bebek sebagai primadona masakannya, membuat kuliner ini BEDA dari yang lain.

Ada yang tahu ga kenapa disebut Bebek Jontor??
Kata pemiliknya sendiri sih, Dindin Solahudin, awalnya dia membuka warung nasi biasa, dengan menyuguhkan menu bebek sebagai menu utamanya, tapi beberapa waktu kemudia, ada konsumennya yang ketagihan dengan menu bebeknya itu, dan konsumennya tersebut berkata, "Ini bebek memang bikin mulut jontor", maka pengusaha yang suka disebut Kang Dindin itu seolah mendapatkan ide cemerlang untuk menamai tempat usahanaya itu dengan nama "Bebek Jontor".

Ternyata, nama tersebut memang cocok, dan mengantarkan usahanya tersebut menjadi salah satu tujuan pecinta kuliner, terutama di Sukabumi.

Bebek Jontor Sukabumi
Foto : Maya R. (foursquare)
Oke sob, daripada penasaran dengan kelezatan dan dahsyat pedasnya, mending langsung aja kunjungi tempatnya di daerah Panjalu, Jln. Selabintana Km 3, Sukabumi.

Wisata Kuliner SELAMAT Sukabumi


Ini Sukabumi - Sahabatku semuanya, Sukabumi memang salah satu kota kuliner, hal ini dibuktikan dengan maraknya jajanan kuliner di Kota Sukabumi, baik yang di pinggir jalan, ataupun yang didalam ruangan.

Bagi sahabat semua yang ingin menjajaki kuliner di Sukabumi, jangan khawatir, karena ada satu tempat yang menampung  hampir segalam macam kuliner di Sukabumi, tempat tersebut adalah "Wisata Kuliner SELAMAT Sukabumi".
Memang benar, di tempat yang lokasinya bersebrangan dengan Bank BNI ini, berjejer puluhan pedagang yang menjajakan kulinernya masing-masing.
Hampir semua kuliner ada disini, sehingga tidak heran kalau tempat ini dipenuhi orang setiap harinya.

"Wiskul Selamat" mulai buka sekitar jam 15:00 sore, dan tutup sekitar jam 20:00. Jadi kalau mau berkunjung kesini, sebaiknya setelah shalat magrib aja ya, biar lebih enak dan lebih tenang. :)

Ini Sukabumi - Sob, udah sejak lama Sukabumi ini dijuluki sebagai salah satu kota kuliner di Indonesia, memang ga heran sih, so'alnya kuliner apapun yang kita inginkan, pasti ada di Sukabumi. Hehe

Namun jangan ngaku jadi pecinta kuliner Sukabumi deh kalau belum nyobain "Bandros ATA".
Bandros yang beralamat di Jl. Gudang no. 4, Sukabumi memang banros yang paling terkenal sob, malah banyak dari para pecinta kuliner yang suka menyebut "Rajanya Bandros Sukabumi".

Bandros ATA

Nama "Ata" itu sendiri diambil dari nama pemilik  nya, Mbah Ata dan resep bandrosnya pun diwariskan secara turun - temurun, ini nih yang bikin bandros ATA sangat enak dan emang beda dari yang lain. Bandros disini ada beberapa varian sob, seperti rasa cokelat dan strobery, juga rasa lainnya. 
Konon katanya Bandros Ata ini sudah ada dari tahun 1973-an. Wahh, keren ya sob..

Foto Bersama : 
Viking Kerajaan Sukabumi Bersama Viking Jakarta di Bandros ATA 
( Foto : Radar Sukabumi)

Bandros ATA ini mulai buka sekitar jam 8 malam dan tutup sekitar jam 5 pagi. Tempatnya selalu ramai dan selalu antri. Apalagi kalau malam minggu, aaahh udaah, kalau telat dateng aja, pasti ga bakalan kebagian tempat sob, haha

Udah deh, daripada penasaran, mending kunjungi langsung aja tempatnya, catet ya alamatnya, "Jl. Gudang no. 4, Sukabumi". 

Oke sob, udah dulu ya, nanti ane sambung lagi dengan informasi tempaat wisala lainnya yang ada di Sukabumi, tapi banyak ko yang udah ane post di blog ini juga, silahkan buka aja ya, hehe


Ini Sukabumi - Bagi pecinta kuliner di Sukabumi, siapa sih yang ga kenal Mie Setan ABAH?!
Ya, kuliner yang berbahan utama mie ini memang sempat terkenal di Kota Sukabumi, yang menjadikannya terkenal adalah dari segi PEDAS-nya.

Dari level terendah, ampe level ter-Setan yang cabenya aja ampe setampk tangan, haha kebayang kan sob :D

Mie-nya sih mie Indomie biasa, tapi dengan tambahan bumbu rahasia racikan mereka dan juga cabe rawit asli yang masih segar, membuat kuliner ini mempunyai tempat tersendiri dilidah para pecinta kuliner.

Banyak anak muda yang rame-rame makan disini, mereka sering mengadakan lomba makan, barang siapa yang makannya paling cepat dengan tanpa minum air, maka dialah pemenangnya, dan dia berhak ditraktir oleh yang kalah, haha kerenkan. Kebayang loh, Mie yang segitu PEDAS-nya, dimakan cepat-cepat tanpa minum dulu, haha

Nah bagi kawan semua yang belum nyobain, mending datang aja deh ke rumah makannya, asalnya sih di Jl. Jend sudirman Sukabumi, tapi sekarang udah pindah ke deket Gang Gelatik 2, daerah Bayangkara sana. :D


Ini Sukabumi - Sob, pagi-pagi memang enak kalau makan gorengan anget ditambah minum kopi, iya ga..?!
Ditambah lagi sambil baca koran, beeeuuuhhh... lengkap deh rasanya...
Itulah kebiasaan masyarakat Sukabumi dipagi hari.

Tapi ternyata, makan gorengan sambil minum kopi itu berbahaya loh, ane juga kaget ngedenernya.. Hmmmm..


Dalam penelitian University of Guelph, hal itu bisa bikin gula darah naik loh. Biasanya tubuh langsung memproduksi insulin setelah habis makan gorengan. Nah kalau kopinya bisa menambah tingkat kesulitan pembersihan gula.
Nah loh, udah mah insulin dan lemak jenuh juga meningkat, ditambah dengan sulitnya proses pemberihah gula, ya otomatis membuat semakin bertambahnya peluang penyakit seperti kolesterol, gula darah, kangker, 

Haduh-haduh, ternyata ada efek yang luarbiasa bahayanya loh dibalik nikmatnya Makan Gorengan Sambil Minum Kopi, Hmmm..

Hmmm.. Yaudah deh, mending sekarang mah kita kurangi makan dam minum kedua makanan/minuman paforit itu, mending kita beralih saja ke yang sehat-sehat seperti minum susu dan lainnya, oke sob, hehe
Udah dulu ya, semoga postingan yang saya tulis dipagi hari ini bisa bermanfaat :)

#Kesehatan #Kuliner

Pepes Ikan Mas
Pepes Ikan Mas
Sob, selain Mochi, Sukabumi juga punya makanan Khas lain yang cocok untuk dijadikan oleh - oleh / hantaran untuk keluarga PEPES IKAN MAS IBU TATTY adalah makanan yang sedang Happening di Sukabumi.... 
Pepes Ikan Mas Duri Lunak Ibu Tatty memang terkenal, dan suka disebut juga dengan sebutan PEPES IKAN JUARA...
Yang menyebabkan pepes ikan ini berbeda dengan yang lain adalah cara pemasakannya, pepes ikan ini dikukus bukan di presto, sehingga rasanya menjadi Juara. 

Kelebihan Pepes Ikan Duri Lunak : 
1. Dijamin HALAL 
2. Tanpa bahan pengawet 
3. Tidak berbau lumpur 
4. Awet selama 1 minggu di lemari es 
5. Dikemas menarik dalam kemasan yang tidak menimbulkan basah 
Harga : 1. Pepes Ikan Mas Duri Lunak seberat 1/2 kg, Rp. 50000,- 

Nah kalau nanti mampir ke Sukabumi, jangan lupa nyobain ya, nyesel deh kalau ga nyobain :D

Ini Sukabumi - Setelah sebelumnya ngebahas tentang Hotel di Pelabuhan Ratu, kali ini ane mau ngasih tau lagi informasi tentang Restoran, Rumah Makan dan Kafe di Pelabuhan Ratu Sukabumi, semoga bermanfaat ya :)



OMBAK TUJUH PUB
Jl. Cisolok KM. 8 BojongHaur, Pelabuhan Ratu
Tlp. (0266) 431465

BARAYA RUMAH MAKAN
Jl. Raya Raya Cagak Palabuhanratu (Tlp. 0266 - 433559, 431421)
Rumah makan ini menyediakan hidangan khas Daerah.

BUNDO RUMAH MAKAN
Pasar Palabuhanratu (Tlp. 434052)
Rumah makan ini menyediakan hidangan khas daerah.

RATU MINANG
Jl. Raya jajaway (Tlp. 0266 434260)
Menyediakan masakan daerah...

SANNING ASIH
Jl. Citepus (85860048430)

MIRAH SARI
Jl. Raya Citepus
Menyediakan masakan indonesia tersedia tempat lesehan telp. 085720594448

KATINEUNG RASA
Jl. Raya Citepus Pl.ratu
Menyediakan masakan Indonesia (85793982419)

PURI SURYA RAWAKALONG
Jl. Pelita Cipatuguran (0266 433818)
RM. INDONESIA

RATU RASA RESTO
Jln. Jen Sudirman - Jajaway
RM. SEA FOOD Pelabuhanratu (Telp. 0266 - 433740)

RM. CEMPAKA RATU
Jln. Raya Cisolok - Sukawarna (85863097724)
RM. INDONESIA

Mohon maaf sob, mungkin informasi tentang Restoran, Rumah Makan dan Kafe di Pelabuhan Ratu Sukabumi nya baru segitu, kalau misalkan ada lagi yang tau dimana letak dan namanya juga, silahkan tuliskan saja dikomentar, nanti ane masukin kesini, ok :)
Thank's guy's :D

Ini Sukabumi - Pernahkah sobat makan bubur ayam Sukabumi? Ssobat tentu banyak menemukannya di kota-kota selain Sukabumi. Bila anda berada di Jakarta, maka sering anda temui tukang bubur yang mengklaim sebagai bubur Sukabumi.

Namun, pernahkah sobat makan bubur ayam di Sukabumi? Bila membayangkannya untuk menuju Sukabumi harus melewati kemacetan yang sangat parah terutama di jalur Jakarta menuju Sukabumi, maka sobat tentu akan malas untuk menuju kota tersebut. Namun sesekali bila sobat memang berniat ke kota Sukabumi, ataupun sedang melintasinya, maka jangan lupa untuk mencicipi Bubur ayam Bunut.



Bubur ayam Bunut ini terletak di Jalan Siliwangi, Sukabumi, yang letaknya tidak jauh dari Rumah Sakit Bunut (red:Rumah Sakit Umum Syamsudin). Sejak dahulu kala, gerobak yang menjual bubur ayam bunut di depan rumah sakit tersebut sangat digemari pelanggannya. Pada malam hari penjual bubur mangkal di depan rumah sakit, dan bila pagi hingga menjelang siang mangkalnya di Jalan Siliwangi dekat rumah sakit tersebut.


Dan kini, pemilik telah mengembangkan bisnis bubur tersebut dari kelas gerobak menjadi kelas Cafe yang cukup profesional. Dengan mengklaim dirinya sebagai Pusat Bubur Ayam, maka Bubur Ayam Bunut ini memberikan peningkatan pelayanan dan kenyamanan dengan tempat barunya di kawasan Jl. Siliwangi no. 93. Lokasi yang ditempati sekarang merupakan sebuah rumah hunian yang disulap menjadi tempat makan yang nyaman. Pengunjung dapat memilih untuk makan di bawah bangunan bilik, atau di bangunan modern. Pusat Bubur ini beroperasi sejak subuh hingga sekitar pukul 11 malam.


Bubur ayam Sukabumi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bubur yang dijual di Jakarta. Rasanya yang gurih dengan dilengkapi suwiran ayam, bumbu kaldu, telur, ati ampela, cakwe, krupuk, dan bumbu-bumbu lainnya membuat kita happy dibuatnya. Namun yang harus anda coba adalah keroket atu risol yang sippp banget, mak kresssss kalo kita menggigitnya, karena sangat garing.

Bubur ayam ini memiliki porsi yang cukup padat dan pas untuk disantap. Namun bila sobat belum kenyang juga, maka disediakan pula menu-menu lain yang bervariasi. Untuk seporsi Bubur ayam anda bisa membelinya mulai dari 8,000 rupiah tergantung isi tambahan yang anda pesan.




Karena dinginnya kota Sukabumi ini, maka makan bubur ayam ini enak ditemani dengan bandrek atau bajigur panas, atau hanya sekedar teh tawar panas yang membuat suasana menjadi hangat dan mak nyosssss.

Selamat mencoba :D


Wassalam


Kali ini, ane dapet info dari webnya dinas pariwisata Jawa Barat, yaitu tentang  Situs Megalitik Cengkuk, ini nih berita nya :)
SUKABUMI, KOMPAS — Sejumlah barang ditemukan di Situs Megalitik Cengkuk, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Penemuan ini menguatkan dugaan Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik yang terus berlanjut pada zaman logam.   “Sepanjang tahun 2008, secara tidak disengaja, ditemukan sejumlah benda di kawasan tersebut,” kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi Nung Nurhayati, Kamis (27/11).   Benda-benda yang ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2008 antara lain pipa rokok, gentong dari tanah, dan mangkuk dari porselen. Sebelumnya, di situs itu, tahun 2007 ditemukan genta dari prunggu dengan ukiran motif india, cawan tempat perhiasan, potongan patung kaki burung dari emas, dan potongan patung dewa syiwa. Benda-benda itu bukan peninggalan zaman megalitik, yang berarti kehidupan masyarakat terus berlanjut di sekitar Situs Cengkuk.   Pada zaman kolonial Belanda, dikawasan tersebut ditemukan sejumlah batu besar yang diduga untuk kegiatan ritual peninggalan zaman megalitik. Benda-benda tersebut tersebar di lahan seluas dua hektar.   Hasil penemuan dua tahun terakhir ini, kata Nur Hayati, makin menegaskan bahwa Cengkuk pernah menjadi pusat budaya pada zamannya. Pipa rokok yang baru saja ditemukan, misalnya, berbahan baku tanah keras dengan lubang besar ibu jari orang dewasa. Pipa rokok itu memiliki panjang 20 sentimeter dan ditemukan pada kedalaman sekitar 20 sentimeter dari permukaan tanah.   Adapun tempayan yang ditemukan tingginya sekitar 60 sentimeter, lebar bagian leher sekitar 15 cm, lebar tengah 60 cm, dan lebar dasar 20 cm. Adapun mangkuk utuh dan serpihan berwarna keungu-unguan motif China serta tiga lonceng prunggu bermotif ukitran India menunjukkan masyarakat sekitar Situs Cengkuk dulu sudah berinteraksi dengan masyarakat luar.

Sumber:  http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=281&lang=id 

Semoga info diatas bisa menanbah informasi dan ilmu kita, terimakasih ya sob atas kunjunganya ke blog ini :)

Untuk artikel bahasa indonesianya, silahkan klik --> Mochi Sukabumi

Mochi Sukabumi

Mochi Sukabumi
Mochi Sukabumi
Mochi is a rice cake made ​​of glutinous rice, pounded so soft and sticky, then formed into a round. 

In sukabumi itself, there are some home-based factories that produce mochi, mochi diantarany Lantern, Arjuna Mochi, Mochi Cassowary and also there are other (Forgot: D). 

Packaged in a bamboo basket which is branded in writing that reads kuo-i swang sie which means a lot of happiness, every basket cake mochi mochi usually contains 10 pieces the size of marbles, with prices starting from Rp 5,000 to Rp 7,500 per joint which contains four bamboo baskets. 



Inisukabumi.com Semangat pagi kawan-kawan, kali ini aku mau nge share tentang salah satu makanan yang udah jadi khas Sukabumi, ya benar, "MOCHI". :D
Inilah Mochi Sukabumi, Oleh-Oleh Nomor Satu Dari Sukabumi
Mochi Sukabumi
Nama mochi memang mirip denga nama Jepang dikarenakan banyak yang bilang kalau mochi ini berasal dari sana. banyak negara yang memproduksi mochi, seperti Taiwan, Korea Selatan, dan Cina. Di Indonesia juga terdapat satu kota yang identik dengan moci, yaitu Kota Sukabumi.

Di Sukabumi terdapat banyak pengrajin kue mochi. Namun ada satu yang terbilang lebih mencolok dan terkenal, yaitu Mochi Kaswari "Lampion". Gray Mochi Lampion ini berada di sebuah gang di Jln Bhayangkara, disana terdapat sebuah bangunan yang cukup mencolok berewarna merah. Inilah lgerai penjualan mochi yang lebih sering disebut dengan Mochi Lampion.


Bermacam rasa mochi tersedia di sini: seperti rasa suji pandan, vanila, durian, pisang ambon, blueberry, melon, mocca, cokelat, keju, dan strawberry. Semuanya berisi kacang tanah manis, bentuk dari mochi ini kenyal, lembut dan manisnya terasa begitu seksi di mulut

Dikemas dalam kotak berisi sepuluh butir mochi, dan diikat tiap-tiap lima kotak, Mochi Lampion dipasarkan seharga Rp30.000/ikat atau Rp6.000/kotak. Kita bisa mencampurkan rasa yg ada supaya semakin variatif dan tak penasaran. tapi sayang mochi ini memang lah tak terlalu kuat lama. Disarankan buat dihabiskan pada diwaktu empat hri saja. malahan buat beberapa macam seperti durian dan keju hanya kuat dua hari. dapat dimasukkan ke lemari es sih, tapi pastinya dapat menghilangkan kekenyalan yang menjadi keunikan spesial penganan ini.

Berdasar kabar yg didapat bersumber brosur yg sedia di lapak Mochi Kaswari "Lampion", bisnis ini didirikan sejak thn 1983 oleh Bapak Kuswandi dan sekarang ini telah dikelola oleh generasi keduanya. perlu dicatat juga, tak ada cabang di area lain.

Akan tetapi, sejak tanggal 12 Februari 2014, sudah di buka Galeri Mochi Kaswari Lampion yg berada di mulut jalan Kaswari II, tak jauh dari jalan Raya Bhayangkara. Ini pastinya mempermudah pengguna yg tak butuh masuk hingga ke dekat gang untuk membeli mochi lampion di pabriknya.



Diberdayakan oleh Blogger.