D'Leuit Exa

Inisukabumi.com - Sahabatku, kalian yang berada di Jawa Barat apalagi Sukabumi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Geopark Ciletuh Pelabuhanratu. Taman bumi yang sudah diakui oleh UNESCO ini memang memiliki berbagai keindahan wisata yang pastinya cocok banget untuk dijadikan tujuan berlibur diwaktu yang agak panjang.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
D' Leuit Exa, Salah Satu Penginapan di Geopark Ciletuh
Saking banyaknya objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, minimal kamu butuh waktu tiga hari supaya bisa mengunjungi semua objek wisatanya. Sebenarnya tiga hari juga masih agak kurang sih, karena kalau kamu teus maraton mengunjungi dan menikmati satu persatu spot wisatanya kamu pasti kecapean juga.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Desain kamar penginapan yang berbentuk seperti leuit (tempat penyimpanan padi pada jaman dahulu)

Nah berhubung waktu yang digunakan lebih dari satu hari, pastinya kamu butuh penginapan dong untung bermalam. Sekarang sih di Ciletuh sudah cukup banyak penginapan, baik rumah warga yang disewakan dibuat home stay, ataupun juga memang khusus tempat penginapan. Nah salah satu penginapan yang recomended untuk kamu adalah  D'Leuit Exa.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Lokasi D'Leuit Exa yang berdekatan dengan Curug Cimarinjung, foto ini diambil dari Pantai Palangpang
D'Leuit Exa berada di Jln. Cimarinjung Kp. Palangpang Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas - Geopark Ciletuh Pelabuhanrau Sukabumi Jawa barat. Dengan lokasi yang sangat dekat dengan pantai dan beberapa spot utama dari Ciletuh membuat penginapan ini cocok untuk kamu sewa.

Beberapa spot yang berdekatan dengan D'Leuit Exa adalah Curug Cimarinjung yang berjarak sekitar 2 KM, Pantai Palangpang yang berjarak sekitar 200 meter dan Nama GEOPARK CILETUH yang berjarak sekitar 500 meter.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Nama GEOPARK CILETUH yang lokasinya dekat dengan D'Leuit
Untuk bisa menginap di D'Leuit Exa ini kamu cukup merogoh kocek Rp. 400.000,- permalamnya. sama halnya dengan kamar di penginapan-penginapan pada umumnya, D'Leuit Exa juga normalnya digunakan oleh dua orang, tetapi kalau mau lebih dari dua orang juga bisa, kamu tinggal menambah extra bad seharga Rp.100.000,-. Dengan tambahan ekstra bed, 1 leuit bisa diisi maksimal 5 orang. Untuk sarapan pagi bila ingin disiapkan lebih dr 2 orang tinggal bayar 15 rb per orang.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Suasana makan malam ketika saya dan teman-teman menginap di D'Leuit Exa

Makan siang atau makan malam bisa dipesan secara khusus, karena D'Leuit juga memiliki restoran dengan berbagai menu pilihan. Makanan laut yangg diolah lebih segar dan gurih karena posisi D'leuit juga tidak jauh dari temoat pelelangan ikan. Tamu D'leuit bisa pilih dan beli sendiri ikan yang diinginkan dan di Restoran D'leuit akan membantu memasaknya.

Menu makan di D'Leuit Resto
Menu makan di D'Leuit Resto
Oke sob, mungkin itu sekilas informasi tentang D' Leuit Exa, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika kamu mencari penginapan di daerah Ciletuh Pelabuhanrau Geopark. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut atau mau memesan penginapan di D'Leuit Exa ini, kamu bisa langsung menghubungi nomor 0858 6361 1000.

Masjid Darut Taqwa Toserba Selamat

Masjid Darut Taqwa Toserba Selamat Sukabumi
Shalat di Masjid Toserba Selamat Sukabumi
 Inisukabumi.com - Sahabatku, di Sukabumi memang sudah terdapat berbagai macam pusat perbelanjaan modern, diantaranya adalah Toserba Selamat. Toserba Selamat Sukabumi ini terletak di Jl. RE. Martadinata No. 96, Cikole Siliwangi.

Masjid Darut Taqwa Toserba Selamat Sukabumi
Tempat penyimpanan Al-Qur'an disetiap pinggir mesjid
 Di artikel ini saya akan sedikit memberikan informasi berdasarkan pandangan saya terhadap mesjid yang ada di Toserba Selamat Sukabumi ini. Dari sekian banyak pusat perbelanjaan yang ada di Sukaumi, Toserba Selamatlah yang mempunyai mesjid yang besar, bahkan bisa saya katakan terbesar kalau dibandingkan dengan pusat perbelanjaan lainnya yang ada di Sukabumi.

Masjid Darut Taqwa Toserba Selamat Sukabumi
Tempat wudhu dan WC yang nyaman  (Ikhwan)
Kalau di pusat perbelanjaan lainnya hanya menyediakan tempat kecil (mushola) untuk melaksanakan ibadah shalat, beda halnya dengan Toserba Selamat ini, di Toserba Selamat ini mesjid dibangun dengan cukup besar dan berada dilantai paling atas, yaitu di lantai 4 gedung Toserba Selamat.

Masjid Darut Taqwa Toserba Selamat Sukabumi
Pelataran mesjid yang cukup luas meski berada dilantai 4  (Ikhwan)
Dengan sentuhan arsitektur yang modern dan futuristik, mesjid ini terlihat begitu indah dan sangat nyaman untuk dipakai beribadah. Dari mulai gerbang masuk sampai kedalam mesjid semuanya dibuat senyaman mungkin.

Masjid Darut Taqwa Toserba Selamat Sukabumi
Gerbang masuk ke mesjid (Ikhwan) 

Saya sebagai muslim sangat bersyukur karena masih ada pengusaha muslim yang mempunyai perhatian besar terhadap sarana peribadahan. Karena di mayoritas pusat perbelanjaan lainnya hanya menyediakan sedikit saja tempat untuk beribadah bagi pengunjungnya.

Masjid Darut Taqwa Toserba Selamat Sukabumi
Pelataran mesjid yang cukup luas meski berada dilantai 4  (Ikhwan)
Sekian sedikit curahan hati saya tentang keberadaan mesjid besar di Toserba Selamat Sukabumi, semoga bermanfaat dan bisa diterima oleh semuanya.



Jembatan I Love U di Puncak Tugu yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Seru
Foto bersama di Jembatan I Love U itu sungguh seru
Inisukabumi.com - Sahabatku, beberapa waktu lalu saya diajak jalan-jalan seru ke Geopark Ciletuh Pelabuhanratu oleh Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) yaitu oleh Ibu Reny Sukmawani, jalan-jalan seru ini sepenuhnya di fasilitasi dan dibiayai oleh beliau. Salah satu spot yang kami kunjungi adalah Puncak Tugu. Puncak Tugu ini terletak di lahan perkebunan Sawit Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dengan jarak 2,5 kilometer dari akses utama Palltilu Tamanjaya dan kurang lebih 6 kilometer dari Tamanjaya.

Dengan posisi yang berada di atas tebing Ampitheater akan membuat semua orang yang baru datang ke tempat ini takjub seketika dibuatnya. Di Puncak Tugu ini terdapat sebuah spot yang paling difavoritkan oleh para pengunjung, spot tersebut adalah Jembatan I Love U. Dari spot tersebut sahabat bisa menikmati indahnya hamparan laut, sawah, dan pegunungan yang begitu asri dan mengagumkan. Sungguh indah ciptaan Tuhan Y.M.E. ini.


Pantai Karang Bolong Sukabumi, Pantai Cicaladi, Pantai Sukabumi
Inilah salah satu view indahnya Pantai Karang Bolong Sukabumi, image via instagram @Deviko
Inisukabumi.com - Sahabatku, apakabarnya nih? Lama ku tak menyapa sahabat semua lewat tulisan-tulisan baru di situs ini. Maafkan ya kalau saat ini saya aga jarang menulis artikel, karena sekarang perhatian saya udah lebih difokuskan kepada istri tercinta, apalagi sekarang istriku lagi hamil, mohon do'anya ya semoga kami senantiasa diberikan kesehatan dan rizki yang berkah oleh Allah SWT. Aamiin

O iya, mumpung masih nuansa ramadhan, saya atas nama pribadi meminta maaf yang seluas-luasnya kepada sahabat semua karena pasti selama ini saya mempunyai kesalahan baik yang saya sadari atau pun tidak. 

Di artikel kali ini saya akan coba berbagi informasi kembali tentang salah satu pantai terbaik yang ada di Sukabumi dan masih tergolong pantai baru yang diburu wisatawan, pantai tersebut bernama Pantai Karang Bolong. Kalau sahabat tuliskan "Pantai Karang Bolong" di google, pastinya akan muncul bermacam pantai karang bolong dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi yang akan saya ceritakan disini adalah Pantai Karang Bolong Sukabumi.

Pantai Karang Bolong Sukabumi, Indahnya Pantai dengan Hamparan Rerumputan
Pantai Karang Bolong Sukabumi, Indahnya Pantai dengan Hamparan Rerumputan, image via instagram @Deviko

Rute Menuju Pantai Karang Bolong Sukabumi

Berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh Kang Hidayat Asep dalam blognya wisataalamsukabumi.wordpress.com, untuk menuju pantai ini kamu bisa melalu dua rute, yaitu dari arah Kecamatan Surade dan Kecamatan Cibitung.

  • Akses dari Kecamatan Surade, sahabat bisa menyusuri jalan Sukmawijaya / Cibarehong lurus ke Desa Cipeundeuy lalu lurus lagi ke Desa Sukatani dari sana tinggal bertanya saja sama warga setempat arah Pantai Karang Bolong.
  • Akses dari Kecamatan Cibitung bisa masuk dari Jalur Arah Cikaso/ Tegalbuled kalo sudah lewatin SMAN 1 SURADE lurus saja sekitar 3 Km. Ntar kita akan ketemu sama kampung Cidahu, pas belokan ada jalan Ke Kanan yg masih bebatuan dari sana kita bisa bertanya ke warga arah pantai Karang Bolong / pantai Cikawung lalu kita akan masuk hutan Jati sejauh 15 Km. Sesudah melewati Hutan jati ada satu perkampungan namanya Ciwakung dari sana lurus lagi sekitar 3 km.
Suasana sore hari yg amazing bgt.... adventure kali ini goal.... 😊😍
Image from instagram @rismatkoemans
Sebaiknya sahabat berkunjung ke pantai ini pagi hari supaya bisa menyebrangkan kendaraan, karena kalau udah siang air laut pasti naik, jadi kamu harus naik perahu atau rakit supaya bisa menyebrang, sementara kendaraanmu dititipkan di tempat parkir sana. Tapi kalau bawa nyebrang kendaraan juga harus tetap siaga, jangan sampai pas mau pulang eh airnya udah pasang, kan susah bawa nyebrang balik kendarannya. Tapi kalau bisanya siang hari ataupun sore hari, tidak terlalu bermasalah ko, toh pantainya emang tetap indah. ^_^

Pantai Karang Bolong ini juga terkenal dengan ombaknya yang ganas karena mempunyai ketinggian antara lima sampai lima belas meter dari permukaan laut, jadi meskipun sahabatsedang diatas tetap saja sahabat harus hati-hati, jangan sampai baju sahabat basah kuyup terkena deburan ombak tersebut.

Deburan ombak yang ganas via https://wisataalamsukabumi.wordpress.com

Berkemah di Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Sukabumi
Berkemah di pantai Karang Bolong via https://wisataalamsukabumi.wordpress.com
Sama halnya dengan pantai yang lain, di pantai karang bolong juga sahabat bisa berkemah loh, cuman yang bedanya kalau di pantai lain sahabat harus mendirikan tenda diatas pasir pantai, kalau di pantai karang bolong sahabat mendirikan tendanya diatas hamparan rumput hijau, inddah kan.

Pantai Karang Bolong Sukabumi
Kang Hidayat Asep (admin grup WISATA ALAM SUKABUMI) sedang bersantai di pantai Karang Bolong
Bagi anda yg ingin di pandu atau butuh jasa Tour Guide ke Pantai Karang Bolong, silahkan hubungi Admin Wisata Alam Sukabumi, 085822182480 ( Hidayat Asep ).
Cintai Alam dan Jaga Kebersihan, Karena Pantai Karang Bolong adalah Titipan Dari Tuhan
Sekian dulu sob informasi yang bisa saya share di artikel ini, semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. Artikel ini blum final karena saya akan terus berusahan untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat, jadi jangan bosan-bosan ya berkunjung ke situs ini. ^_^


Referensi :

Keyword on Google:
  • Pantai Karang Bolong
  • Pantai Karang Bolong Sukabumi
  • Karang Bolong Sukabumi
  • Pantai Cicaladi
  • Karang Bolong Jampang

Dapur Mang Boel
Dapur Mang Boel Sukabumi 
Inisukabumi.com - Sahabatku, tak kan ada habisnya kalau membahas tentang wisata kuliner yang ada di Sukabumi. Salah satu yang akan saya share informasinya kali ini adalah Dapur Mang Boel.



Alamat Dapur Mang Boel

Tongkrongan yang lagi ngehits di kalangan remaja Sukabumi ini terletak di  Jalan Cikole Dalam nomor 18, Kota Sukabumi, yaitu sebrang Agis Printing (Percetakan). Dengan dekorasi yang unik dan modern membuat pengunjung betah untuk bersantai bersama teman teman sambil menikmati kuliner yang ada disini. Tak heran kalau setiap harinya tongkrongan ciamik ini selalu dipenuhi oleh muda mudi dari berbagai kalangan.

Mie Portugal - Porsi Tukang Gali


Yang paling diburu oleh para tongkrongers di Warung Mang Boel ini adalah Mie Portugal. Eits tunggu dulu, Mie Portugal ini bukannya mie yang suka dijajalin di negara Portugal sana ya, tetapi Portugal disini adalah kepanjangan dari Porsi Tukang Gali.

Tak hanya itu yang menjadi keunikan dari sajian kuliner di Dapung Mang Boel, diantaranya adalah Mie Kuah Rempah Mang Boel. Dengan perpaduan berbagai macam rempah khas Indonesia dan juga pilihan level kepedasan yang bisa kamu pilih sendiri pastinya akan membuat matamu merem melek.




Keyword on Goole :
mie portugal di sukabumi, mie portugal sukabumi alamat, mie portugal, mie portugal sukabumi

Kecamatan Takokak, Sebuah Kecamatan di CIanjur yang Lebih Dekat dengan Sukabumi
Indahnya perkebunan teh Cisujen Kecamatan Takokak
Inisukabumi.com - Sahabatku, di artikel ini saya akan sedikit bercerita tentang sebuah kecamatan yang berada di Cianjur tetapi lebih dekat dengan Sukabumi. Mungkin aga sedikit melenceng dari pembahasan utama situs ini karena situs ini saya pokuskan untuk membahas berbagai macam tentang Sukabumi, tetapi unek-unek di pikiran saya ini sepertinya tidak akan hilang sebelum saya tuangkan di situs ini.
Menikmati kebun teh di Kecamatan Takokak itu sungguh luarbiasa, apalagi dengan istri tercinta
Menikmati kebun teh di Kecamatan Takokak itu sungguh luarbiasa, apalagi dengan istri tercinta
Alasan utama saya sedikit membahas tentang Kecamatan Takokak ini karena saya adalah asli kelahiran Takokak, tepatnya di Kampung Cibuluh RT 01 RW 04 Desa Waringinsari Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat. Jadi meskipun saya mengelola situs dan sekarang tinggal di Sukabumi tetapi sampai saat tulisan ini saya buat saya masih mempunyai KTP Cianjur dengan alamat rumah seperti yang telah dituliskan diatas.
Kecamatan Takokak, Sebuah Kecamatan di CIanjur yang Lebih Dekat dengan Sukabumi
Ketika pulang ke kampung halaman tidak lagi sendiri, inilah yang saya bawa

Kalau selama ini sahabat mengenal nama Takokak yang identik dengan nama lalapan, tetapi sebelarnya ada juga kecamatan yang bernama Takokak. Takokak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Cianjur Selatan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak di ujung selatan Cianjur dan ujung Sukabumi. Merupakan kecamatan perbatasan antara Sukabumi dan Cianjur yang dipisahkan oleh sebuah sungai yang bernama sungai Cibeber.
Yang saya tahu selama ini kecamatan Takokak mempunya 9 desa, yaitu :
  1. Bungbangsari
  2. Cisujen
  3. Hegarmanah
  4. Pasawahan
  5. Simpang
  6. Sindanghayu
  7. Sindangresmi
  8. Sukagalih
  9. Waringinsari
Secara administratif sudah jelas bahwa kecamatan Takokak ini berada dibawah Kabupaten Cianjur, tetapi dalam kehidupan sehari-hari nyatanya orang-orang di Kecamatan Takokak lebih bertolak ukur ke Sukabumi baik Sukabumi Kota ataupun Kabupaten Sukabumi. Hal ini dikarenakan jalan utama yang menuju ke kecamatan Takokak bermuara di Sukabumi, sehingga tidak aneh kalau perekonomian warga Takokak lebih cenderung terarah ke Sukabumi.

Dibeberapa desa seperti desa Bungbangsari, Cisujen, Hegarmanah dan Pasawahan penduduknya banyak yang berprofesi sebagai pekebun, mereka banyak mengelola perkebunan sayur dan kebutuhan pangan lainnya. Hasil dari perkebunan tersebut saat ini lebih banyak didistribusikan ke Sukabumi daripada ke Cianjur. Bagaimana tidak karena untuk menuju Cianjur dengan menempuh jalan yang bagus diharuskan untuk melewat Sukabumi terlebih dahulu. Kadang saya juga merasa lucu, dari kabupaten Cianjur menuju Cianjur Kota itu harus melewati daerah lain dulu yaitu Sukabumi. Ketika saya dulu saya mau ke SMA yang letaknya di Jl. Raya Bandung Km. 3 sana, saya lewat Sukabumi dulu untuk naik Bis. 

Takokak Jago (Jalan Goreng)



Tetapi dibalik keindahan dan kekayaan alamnya, Kecamatan Takokak masih mempunyai permasalahan besar dibidang insfrastruktur, jalan-jalan di Kecamatan Takokak masih dibilang sangat buruk, entah karena apakah penyebab pemenrintah daerah dan pihak terkait kurang memperhatikan jalanan di Takokak ini.
Semoga kedepannya jalanan di Kecamatan Takokak bisa menjadi lebih baik inimal seperti di daerah pelosok Sukabumi yang hampir semuanya sudah di aspal. Aamiin.

Powered by Blogger.