Inisukabumi.com - Sahabatku, setelah Sukabumi diramaikan dengan berbagai wisata alam bernuansa bebukitan seperti Puncak Tugu, Puncak Pilar, Puncak Darma dan Puncak Angin, kini warganet sukabumi juga dihebohkan dengan dibukanya wisata alam baru yang bernama Puncak Heas Sukabumi. Beberapa pegiat wisata Sukabumi seperti kang Imex Putra dan kang Hidayat Asep memposting foto-foto keindahan Puncak Heas di akun facebook mereka.

Perahu di Puncak Heas Sukabumi, photo via facebook Hidayat Asep

Lokasi Puncak Heas Sukabumi

Puncak Heas Sukabumi ini terleta di Kp. Cihaur Desa Bojongsari Kec. Jampangkulon Kab. Sukabumi. Lokasinya cukup berdekatan dengan Curug banteng karena rutenya hampir sama, namun untuk menuju Puncak Heas ini sebelum ke Curug Banteng ada jalan menuju Cihaur, kalau sahabat udah nyampe ke Desa Bojongsari tinggal tanya saja ke warga setempat, semuanya pasti tau kok, soalnya Puncak Heas dan Curug Banteng ini jadi icon dari Desa Bojongsari, dan hebatnya, Pak Kades Bojongsari sepenuhnya mendukung keberadaan kedua tempat wisata ini.

Bahtera diatas pegunungan, photo via facebook Imex Putra
Kalau kamu hendak kesini, jangan lupa kosongkan memory HP dan penuhkan batrenya, karena keindahan dari Puncak Heas ini akan membatmu banyak mengambil photo, hehe.

Cocok nih buat berselfie, photo via facebook Imex Putra
Prkiran dan gerbang masuk Puncak Heas, photo via facebook Imex Putra
Okesob, itu sedikit tulisan saya tentang Puncak Heas Sukabumi, karena saya belum sempat datang langsung, jadi baru itu yang bisa saya share ke sahabat semunya. Kalau sahabat hendak ke Puncak Heas ini, jangan sampai buang sampah sembarangan ya..


Sumber dan Referensi:


Inisukabumi.com - Beberapa waktu yang lalu sempat rame di media sosial tentang berbagai kreasi penyajian bakso di berbagai tempat di Indonesia, salah satu dari penyajian tersebut adalah bakso yang berisi bakso alias Bakso Beranak. Uniknya bakso beranak ini dengan cepat menjalar hampir ke seluruh daerah, tak ketinggalan juga dengan Sukabumi. 

Bakso Kang Adeng, Salah Satu Bakso Beranak di Sukabumi
Bakso Beranak Kang Adeng Ukuran Sedang
Di Sukabumi terdapat beberapa warung bakso yang menyajikan bakso beranak, salah satunya adalah Bakso Kang Adeng Soekabumi. Tempat bakso ini berlokasi di Jl. Nanggerang, Lembursitu, Sukabumi, Jawa Barat 43169. Kalau kamu masih bingung lokasinya, gunakan saja Google Maps dengan kata kunci "Bakso Kang Adeng Soekabumi", lalu ikutin deh petunjuk lokasinya. 

Daftar Harga Bakso Kang Adeng (tahun 2017)
Daftar harga yang ditawarkan di Bakso Kang Adeng Soekabumi ini cukup berfariasi, mulai dari Rp.15.000,-, Rp. 25.000,-, dan Rp. 100.000,-. Saya sendiri waktu itu nyobain yang Rp.25.000,- dan rasanya cokok di lidah saya. Hehe.

Sedikit catatan dari saya berhubung ini bukanlah konten sponsor, di tempat Bakso ini ada sedikit yang mengganggu sih kalau menurut saya, yaitu ada cukup banyak lalat yang berkeliaran. Hehe.

Oke deh, mungkin itulan sedikit informasi tentang Bakso Kang Adeng, Salah Satu Bakso Beranak di Sukabumi, semoga informasi ini bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Tetap semangat dan teruslah berkarya sesuai dengan selera masing-masing.!


Inisukabumi.com - Sahabatku, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, Geopark yang kini menjadi primadona di Jawa Barat ini memang menyajikan keragaman yang sangat luar biasa, baik dari segi keragaman geologi, keragaman hayati dan juga keragaman budaya.

Di artikel ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang salah satu keragaman geologi yaitu tentang beberapa pulau kecil yang berada dikawasan Geopark Ciletuh. Berikut adalah empat pulau kecil yang berada di Geopark Ciletuh Pelabuhanratu:

1. Pulau Karang Daeu

Pulau Karang Daeu, FOTO: RON AGUSTA
Pulau Karang Daeu, terletak di pantai Cikalapa, desa Girimukti. Pulau ini berbentuk unik seperti kelinci merunduk atau anjing pudel berbaring. Pulau ini dapat di akses dengan perahu sekitar 5 menit dari pantai Palangpang, dan pada saat surut, pulau ini dapat di akses berjalan kaki dari pantai Cikalapa. Secara geologi, terdiri atas batuan sedimen Formasi Ciletuh yang memiliki struktur sedimen sekuen Bouma.

2. Pulau Manuk

Pulau Manuk FOTO: MEGA FATIMA ROSANA
Pulau bebatuan di desa Mandrajaya ini dapat di capai sekitar 1 menit dari pulau Mandra. Pulau dengan luas kurang dari 200 m2 sering di penuhi oleh burung camar.


3. Pulau Kunti

Pulau Kunti FOTO: RON AGUSTA
Berada di ujung barat Gunung Badak desa Mandrajaya, pulau Kunti dapat ditempuh berjalan kaki kira-kira 25 menit dari pantai Cikadal, atau dengan perahu selama 10 menit dari muara Ciletuh.


4. Pulau Mandra

P Mandra FOTO: RON AGUSTA
Pulau dengan luas kurang dari 1 km2 ini terletak di desa Mandrajaya. Akses menuju pulau sekitar 3 menit dengan perahu dari muara Sungai Ciletuh. Pulau ini populer sebagai tempat memancing bagi penduduk lokal.


Sumber : 


Curug Bibijilan

Inisukabumi.com - Sahabatku, di artikel kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang salah satu keunikan yang ada di Curug Bibijilan Sukabumi. Keunikan tersebut berupa adanya Pompa Air Tanpa Listrik atau dikenal juga dengan nama pompa air hidrolik.

Pompa air tanpa listrik di Curug Bibijilan Sukabumi
Pompa air tanpa listrik di Curug Bibijilan Sukabumi
Pompa air hidrolik ini tepat berada dipinggir Curug Bibijilan, letaknya yang berdekatan dengan jalan dipinggir yang digunakan untuk lalulalang orang yang turun naik ke curug membuat pompa ini dijadikan salah satu spot untuk berselfie ria.

Pompa air tanpa listrik di Curug Bibijilan Sukabumi
Dua buah pompa hidrolik yang masih berfungsi dengan baik
Pompa hidrolik ini berjumlah dua buah dan keduanya masih befungsi dengan baik hingga artikel ini dipublikasi. Pompa ini sepenuhnya menggunakan tenaga air untuk menaikan air lainnya, dengan tinggi air yang turun sekitar 20 meter bisa mendorong air lainnya hingga lebih dari 70 meter keatas.

Pompa hidrolik ketika dilihat dari atas Curug Bibijilan
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah video tentang pompa air tanpa listrik yang berada di Curug Bibijilan Sukabumi.

Tugu Ciletuh Geopark

Tugu Ciletuh Geopark
Tugu Ciletuh Geopark
Inisukabumi.com - Sahabatku, di artikel kali ini saya akan sedikit menuliskan tentang salah satu spot yang bisa disebut wajib kamu kunjungi ketika kamu berwisata ke Geopark Ciletuh. Spot tersebut adalah Tugu Ciletuh Geopark.

Tugu ini terletak di Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Kalau boleh saya saya menyebutkan, tugu ini ibarat tugu selamat datang, karena dari tugu ini masih perlu menempuh jarak yang lumayan agar bisa melihat berbagai macam keindahan yang ada di Geopark Ciletuh.

Jangan Ngaku Pernah Ke Ciletuh Kalau Belum Berfoto di Tugu Ciletuh
Tugu Ciletuh Geopark
Tugu ini juga terletak di pertigaan antara menuju ke Panenjoan dan seterusnya, lalu ke Puncak Tugu, dan satu lagi Bukit Hilal dan seterusnya. Kenapa saya sebut seterusnya? Karena banyak sekali spot yang bisa kamu nikmati di arah rute tersebut.

Jangan Ngaku Pernah Ke Ciletuh Kalau Belum Berfoto di Tugu Ciletuh
Tugu Ciletuh Geopark ini juga berada di samping mesjid
Bagi kamu yang hendak ke Geopark Ciletuh, sebaiknya beristirahat sejenak di daerah ini, karena selain bisa berfoto di Tugu Ciletuh, kamu juga bisa menunaikan shalat dzuhur di mesjid dekat tugu ini (bagi yang beragama islam).

Dan yang pasti, Jangan Ngaku Pernah Ke Ciletuh Kalau Belum Berfoto di Tugu Ciletuh.! ^^

D'Leuit Exa

Inisukabumi.com - Sahabatku, kalian yang berada di Jawa Barat apalagi Sukabumi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Geopark Ciletuh Pelabuhanratu. Taman bumi yang sudah diakui oleh UNESCO ini memang memiliki berbagai keindahan wisata yang pastinya cocok banget untuk dijadikan tujuan berlibur diwaktu yang agak panjang.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
D' Leuit Exa, Salah Satu Penginapan di Geopark Ciletuh
Saking banyaknya objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, minimal kamu butuh waktu tiga hari supaya bisa mengunjungi semua objek wisatanya. Sebenarnya tiga hari juga masih agak kurang sih, karena kalau kamu teus maraton mengunjungi dan menikmati satu persatu spot wisatanya kamu pasti kecapean juga.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Desain kamar penginapan yang berbentuk seperti leuit (tempat penyimpanan padi pada jaman dahulu)

Nah berhubung waktu yang digunakan lebih dari satu hari, pastinya kamu butuh penginapan dong untung bermalam. Sekarang sih di Ciletuh sudah cukup banyak penginapan, baik rumah warga yang disewakan dibuat home stay, ataupun juga memang khusus tempat penginapan. Nah salah satu penginapan yang recomended untuk kamu adalah  D'Leuit Exa.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Lokasi D'Leuit Exa yang berdekatan dengan Curug Cimarinjung, foto ini diambil dari Pantai Palangpang
D'Leuit Exa berada di Jln. Cimarinjung Kp. Palangpang Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas - Geopark Ciletuh Pelabuhanrau Sukabumi Jawa barat. Dengan lokasi yang sangat dekat dengan pantai dan beberapa spot utama dari Ciletuh membuat penginapan ini cocok untuk kamu sewa.

Beberapa spot yang berdekatan dengan D'Leuit Exa adalah Curug Cimarinjung yang berjarak sekitar 2 KM, Pantai Palangpang yang berjarak sekitar 200 meter dan Nama GEOPARK CILETUH yang berjarak sekitar 500 meter.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Nama GEOPARK CILETUH yang lokasinya dekat dengan D'Leuit
Untuk bisa menginap di D'Leuit Exa ini kamu cukup merogoh kocek Rp. 400.000,- permalamnya. sama halnya dengan kamar di penginapan-penginapan pada umumnya, D'Leuit Exa juga normalnya digunakan oleh dua orang, tetapi kalau mau lebih dari dua orang juga bisa, kamu tinggal menambah extra bad seharga Rp.100.000,-. Dengan tambahan ekstra bed, 1 leuit bisa diisi maksimal 5 orang. Untuk sarapan pagi bila ingin disiapkan lebih dr 2 orang tinggal bayar 15 rb per orang.

Cari Penginapan di Geopark Ciletuh? D' Leuit Exa Salah Satu Pilihannya
Suasana makan malam ketika saya dan teman-teman menginap di D'Leuit Exa

Makan siang atau makan malam bisa dipesan secara khusus, karena D'Leuit juga memiliki restoran dengan berbagai menu pilihan. Makanan laut yangg diolah lebih segar dan gurih karena posisi D'leuit juga tidak jauh dari temoat pelelangan ikan. Tamu D'leuit bisa pilih dan beli sendiri ikan yang diinginkan dan di Restoran D'leuit akan membantu memasaknya.

Menu makan di D'Leuit Resto
Menu makan di D'Leuit Resto
Oke sob, mungkin itu sekilas informasi tentang D' Leuit Exa, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika kamu mencari penginapan di daerah Ciletuh Pelabuhanrau Geopark. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut atau mau memesan penginapan di D'Leuit Exa ini, kamu bisa langsung menghubungi nomor 0858 6361 1000.

Powered by Blogger.