Jelajahi Sukabumi Mulai Dari Sini, Informasi Seputar Sukabumi, Wisata Di Sukabumi, Sukabumi Kuliner,

#SAVEGnSunda #SAVEGunungSunda, Jangan Biarkan Hanya Tinggal Sejarah
#SAVEGnSunda, Jangan Biarkan Hanya Tinggal Sejarah
Inisukabumi.com - Gunung Sunda adalah sebuah bukit yang berada tepat di Desa Padaasih, Kec Cisaat Kab. Sukabumi Provinsi Jawa Barat.  Gunung Sunda adalah salah satu wisata alam yang menjadi primadona di daerah Sukabumi, letaknya yang tidak jauh dari pusat kota membuatnya mudah dijangkau oleh siapapun. Dari atas gunung ini kita dapat melihat gunung gede pangrango dengan jelas tanpa ada halangan dan tentu nya wilayah Sukabumi dari ketinggian. Tidak hanya keindahan pemandangan alam yang bisa memanjakan mata di siang hari, malam hari juga gunung sunda menyuguhkan pemendangan yang begitu indah dengan kerlap-kerlip lampu dari perumahan warga dan juga kota dibawahnya.

Gunung Sunda mulai dikelola dan dibuka untuk umum sekitar tahun 2014, saat itu pemuda dan masyarakat disana yang peduli dengan lingkungan dan juga keindahan alam mulai sadar akan potensi pariwisata yang berada di Gunung Sunda, sedangkan saat itu hak milik dari Gunung Sunda sendiri sudah menjadi milik PT Holcim yang akan menjadikan Gunung Sunda tersebut sebagai lahan tambang. Tetapi ibarat pepatah, "Lebih baik terlambat daripada tidak", akhirnya para warga dan pemuda yang peduli akan keberadaan Gunung Sunda mulai mengurus dan mengelolanya dengan sangat baik.


Keindahan Gunung Sunda Mulai Terancam

Saat ini keindahan Gunung Sunda mulai terancam, dikeluarkannya surat pelarangan segala bentuk aktifitas oleh PT. Holchim Indonesia kepada pengelola wisata Gunung Sunda pada 6 September 2016 silam membuat para masyarakat dan juga netizen gaungkan gerakan Save Gunung Sunda. Dalam surat bernomor 24/LCA.CEM/IX/2016, PT. Holchim menegaskan akses jalan yang selama ini digunakan oleh warga untuk berwisata, dan sebagian area tempat wisata merupakan areal pertambangan pasir kuarsa yang dalam penguasaan perusahaan.

Foto tersebut adalah foto hasil jepretan kang IMAN FIRMANSYAH menjadi juara umum perlombaan #PESONAALAMINDONESIA, foto yang diambil dari Gunung Sunda Sukabumi memang sangat indah dan keindahannyapun bisa kamu nikmati secara langsung dari Gunung Sunda. Seandainya PT. Holcim tetap pada pendiriannya untuk melakukan kegiatan tambang di Gunung Sunda ini pastinya semua keindahan yang tersaji dari Gunung Sunda akan hilang dan hanya menyisakan sejarah.


Gerakan #SAVEGnSunda Memenuhi Grup-Grup Facebook Sukabumi

#SAVEGnSunda | Jangan biarkan Sukabumi menangis via Dedi Sundra
Super admin SUKABUMI FACEBOOK, kang Dedi Suhendra menginstruksikan agar seluruh member yang berada dalag grup facebook yang beliau keloa untuk menggunakan hastag #SAVEGnSunda, instruksi tersebut ditanggapi positif oleh para anggota grup. Selain berbagai diskusi dan dukungan moral yang dilakukan di dalam grup facebook, masyarakat yang melek sosial media dan peduli akan keberadaan Gunung Sunda ini ikut melakukan kampanye #SAVEGnSunda di akun sosialnya masing-masing, baik itu facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

Warga Sukabumi Membuat Petisi Online : Jangan Biarkan Gunung Sunda Sukabumi "Hanya Cerita"

Petisi Online : Jangan Biarkan Gunung Sunda Sukabumi "Hanya Cerita"
Petisi Online : Jangan Biarkan Gunung Sunda Sukabumi "Hanya Cerita"
Tidak hanya di sosial media, masyarakat juga membuat petisi dengan judul."Jangan biarkan Gunung Sunda Sukabumi "Hanya cerita". Petisi tersebut di kirimkan ke Kementrian Pariwisata dan dalam waktu yang tidak begitu lama petisi sudah di isi oleh 750 pendukung di mualai dari Febi Nugraha Cahyana yang di unggah dalam waktu sekitar 24 jam.
Bagi kamu yang peduli akan keberadaan Gunung Sunda ini, silahkan untuk ikut serta mendukung petisi tersebut di link berikut:

Selama Gunung Sunda berdiri kokoh, sebelum semua yang tidak kita inginkan terjadi, mrilah kita sama-sama mencari solusi supaya Gunung Sunda ini tetap lestari!
Teruntuk PT Holcim, Tolong Batalkan Penambangan di Gunung Sunda, dan Jadikan Kawasan Ini Sebagai Tempat Wisada dari CSR Anda
Jelajahi Sukabumi Mulai Dari Sini, Informasi Seputar Sukabumi, Wisata Di Sukabumi, Sukabumi Kuliner,
Inisukabumi.com - Sukabumi adalah sebuah sebuah daerah di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, terdiri dai daerah kota dan juga kabupaten. Sukabumi berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur di Timur dan Kabupaten Bogor di Utara, Propinsi Banten di Barat, dan Samudera Hindia di Selatan. 

Kabupaten Sukabumi sejatinya menyuguhkan keindahan pantai yang indah. Namun tahukah bahwa ternyataSukabumi tak melulu tentang pantainya yang menawan? Penasaran 'kan gimana serunya mengunjungi destinasi wisata di Sukabumi? Langsung simak aja, yuk!

1. Mulai perjalananmu dengan mengunjungi Curug Sawer, kamu nggak bakal menyesal menikmati sejuknya suasana di Curug ini!

Mulai perjalananmu dengan mengunjungi Curug Sawer, kamu nggak bakal menyesal menikmati sejuknya suasana di Curug ini!
Curug Sawer dari kejauhan
Curug Sawer ini merupakan salah satu  air terjun yang terletak di desa Sukamaju, kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Bagi kalian yang memang tinggal di daerah ini, mungkin sudah tidak asing lagi dengan obyek wisata Curug Sawer, tetapi berbeda halnya bagi kalian yang tinggal di luar kota Sukabumi atau bahkan luar pulau yang mungkin masih sangat asing dengan keberadaan tempat wisata tersebut.

Curugnya sendiri tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 25-30 meter, namun keindahan alam sekitarnya mampu menjadi penambah daya tarik curug ini. Disekitar curugnya juga ada sebuah lapangan hijau, pun terdapat beberapa hamparan padi di beberapa spotnya. Keindahannya yang begitu melekat memang laik jika curug ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Sukabumi.

2. Nikmati suasana sejuk dan tenang di Pondok Halimun Sukabumi. Recomended banget nih buat yang pengen merilekskan pikiran

Nikmati suasana sejuk dan tenang di Pondok Halimun Sukabumi. Recomended banget nih buat yang pengen merilekskan pikiran
Nikmati suasana sejuk dan tenang di Pondok Halimun Sukabumi. Recomended banget nih buat yang pengen merilekskan pikiran
Pondok Halimun atau yang biasa disebut PH adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Sukabumi. Objek wisata ini terletak di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 1000 m dpl. Jaraknya sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Sukabumi melalui Jalan Suryakencana hingga Jalan Selabintana. 

Pondok halimun ini cocok dikunjungi untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari, suasana alam yang begitu asri dengan udara yang sepenuhnya bersih akan membuat pikiranmu semakin jernih. Disini kamu juga bisa berkemping bersama, lahannya yang cukup luas dan dihiasi oleh bebatuan alam yang bertebaran dimana-mana akan memberikan suasana yang berbeda.


3. Santasea Waterpark, destinasi ciamik dengan wana air yang komplit

Santasea Waterpark, destinasi ciamik dengan wana air yang komplit
Santasea Waterpark, destinasi ciamik dengan wana air yang komplit
Salah satu destinasi ciamik selanjutnya adalah Santa Sea Waterpark Sukabumi, disini terdapat banyak sekali wahana air yang siap memanjakan liburanmu. Berbagaimacam wahana tersebut diantaranya: neverland ( kolam anak ) , japanes & thailand hotspring ( kolam untuk berendam air hangat , airnya belerang asli looh .. , jungle forest ( kebun binatang mini untuk edukasi dan menambah pengetahuan anak ) , american coboy ( kolam olympic) , niagara fall ( racing slide ) , amazon river (kolam arus ) , carribean ocean ( kolam ombak ) dan wahana air lainnya. Pokoknya kamu tidak akan pernah menyesal kalau berkunjung kesini.

4. Manjakan Mata di Gunung Sunda Sukabumi

Manjakan Mata di Gunung Sunda Sukabumi
Manjakan Mata di Gunung Sunda Sukabumi
Gunung Sunda ini berada tepat di Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kec Cisaat Kab. Sukabumi. Hanya berjarak sekitar 3 KM dari alun-alun cisaat, dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor ataupun mobil, karena jalannya sudah menggunakan aspal. Gunung Sunda ini juga cukup dekat dengan Jalur lingkar selatan Sukabumi via Cibolang, sehingga kalau sobat melewati jalur ini, sobat pasti bisa melihat dengan jelas Gunung Sunda ini dari bawah. 

Dari Gunung Sunda ini kamu bisa melihat ke berbagai arah dengan jelas, pemandangan alam pedesaan yang terhampar dibawahnya akan sangat memanjakan matamu ketika mengunjunginya.


5. Perpaduan Antara Pegunungan dan Danau Itu Ada di Situgunung Sukabumi

Perpaduan Antara Pegunungan dan Danau Itu Ada di Situgunung Sukabumi
Perpaduan Antara Pegunungan dan Danau Itu Ada di Situgunung Sukabumi
Situ Gunung merupakan sebuah lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal yang memiliki ketertarikan terhadap alam. Situ Gunung menawarkan pemandangan alam situ yang indah dilengkapi dengan keberadaan semak dan segala rupa flora yang ada didalamnya. Apabila Anda termasuk orang yang senang dengan wisata petualangan yang berbasiskan alam tentu wajib mengunjungi kawasan wisata Situ Gunung Sukabumi.

Jelajahi Sukabumi Mulai Dari Sini, Informasi Seputar Sukabumi, Wisata Di Sukabumi, Sukabumi Kuliner,
7 Spot Geopark Ciletuh yang Wajib Kamu Kunjungi
7 Spot Geopark Ciletuh yang Wajib Kamu Kunjungi
Inisukabumi.com - Ciletuh merupakan salah satu daerah di Sukabumi yang telah dinobatkan sebagai taman bumi (geopark) oleh UNESCO. Hamparan alam luas yang diisi dengan berbagai macam keindahan alam membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan utama ketika berwisata ke Sukabumi. Di artikel ini kamu akan diberitahu tentang 7 spot Geopark Ciletuh yang begitu ciamik dan wajib kamu kunjungi.

1. Puncak Darma, Tempat Bersemayam Para Dewa

Puncak Darma, Tempat Bersemayam Para Dewa
Pemandangan dari Puncak Darma via IG @chepybennington
Menikmati kebesaran Tuhan di Puncak Darma benar – benar membuat terkagum – kagum akan pesona Nya, kawasan Geopark Teluk Ciletuh terlihat rapi darii kejauhan tampak hamparan sawah yang luas dengan padi lagi menguning siap panen, bukit – bukit hijau yang menggelilingi dan kumpulan - kumpulan rumah yang bergerombol terlihat seperti kotak – kotak mainan yang tersebar dan di ujung sana sebuah teluk berbentuk seperti tapal kuda berhadapan langsung dengan laut selatan.

Disini kamu bisa melihat hamparan alam luas yang terdiri dari berbagaimacam keindahan, alam pedesaan disertai lautan yang seakan tak berujung akan membuatmu terkagum-kagum dengan keindahan ciptaan Tuhan yang satu ini.


2. Bergetar Memandang Alam Dari Bukit Panenjoan

Bergetar Memandang Alam Dari Bukit Panenjoan
Panenjoan via IG @ciletuh
Karena Geopark Ciletuh merupakan bentang batuan tertua di Jawa Barat, maka di sini terdapat begitu banyak bukit bebatuan. Salah satu yang bisa anda nikmati keindahannya adalah Bukit Panenjoan. Dari sini anda bisa melihat wilayah Geopark Ciletuh secara keseluruhan. Dan tentu saja, bagi anda penggemar selfie, Bukit Panenjoan menyiapkan latar belakang yang dijamin bisa membuat teman-teman anda iri.

Panenjoan merupakan sebuah daerah ketinggian/tebing, dengan ketinggian kurang lebih 250 mdpl yang terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Panenjoan berasal dari kata “tenjo” bahasa Sunda, yang artinya “lihat” (tingali). Selain wilayah Panenjoan ada juga wilayah Paniiisan, yang jaraknya beberapa ratus meter dari Panenjoan. Paniisan (dalam bahasa Sunda) berarti tempat untuk beristirahat, karena di area tersebut terdapat bendungan kecil (masyarakat sekitar menyebutnya Cekdam) yang membuat suasana di sekitarnya menjadi dingin “tiis” (dalam bahasa Sunda). via ciletuh.com

3. Curug Sodong yang Begitu Menakjubkan

Curug Sodong yang Begitu Menakjubkan
Curug Sodong nan menawan via piknikasik.com
Curug Sodong adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini tumbuh pepohonan yang hijau dan rindang. Dinamakan “sodong” karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”.

Curug Sodong alias Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk aksesnya sudah lumayan baik dengan jalan beraspal dan pemandangan sawah yang membuat segar mata.

4. Pantai Palangpang yang Tak Kalah Asik Untuk Dinikmati

Pantai Palangpang yang Tak Kalah Asik Untuk Dinikmati
Pantai Palangpang via IG: SUKABUMIEXPLORE
Pantai Palangpang adalah muara dari aliran sungai Curug Cimarinjung. Setelah dari lokasi Cimarinjung, perjalanan kami teruskan sekitar 10 menit untuk tiba di hamparan pasir Pantai Palangpang. Sepanjang perjalanan, jika kita melihat ke arah belakang kemegahan Curug Cimarinjung masih terus dapat dinikmati bahkan semakin indah dengan adanya persawahan dan rumah-rumah kecil sebagai foreground dari pemandangan Curug Ini.

5. Menyanjung Curug Cimarinjung

Menyanjung Curug Cimarinjung
Menyanjung Curug Cimarinjung via jelajahsukabumi.com
Untuk menuju ke curug Cimarinjung, anda harus terlebih dulu dimanjakan dengan pemandangan sawah nan hijau. Dari kejauhan anda bisa melihat bagaimana indahnya air terjun yang jatuh dari deretan perbukitan. Namun untuk menuju ke dasar air terjun, anda harus berjuang sedikit keras dengan melewati jalan setepak yang dipenuhi bebatuan. Tapi sesampai anda di sini, semua rasa lelah akan hilang, karena keindahan yang ditawarkan Curug Cimarinjung begitu memukau. Deretan batu besar yang bergelimpangan di sekitar air terjun, membuat seakan dibawa ke jaman Jurasik Park, sungguh memukau.

6. Curug Awang, Niagara Mini Dari Sukabumi

Curug Awang, Niagara Mini Dari Sukabumi
Curug Awang via ciletuh.com
Sebagai salah satu daerah yang dipenuhi dengan bermacam keindahan alamnya, sukabumi kembali diperkaya dengan berbagai macam destinasi wisata yang mulai dilirik dunia, destinasi wisata tersebut berada di Geopark Ciletuh. Disana terdapat berbagai macam air terjun dan juga pemandangan alam lainnya, salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi adalah Curug Awang.

Curug Awang merupakan salah satu curug yang berada di aliran sungai Ciletuh, sungai ini membatasi wilayah kecamatan Ciemas dengan kecamatan Ciracap, disamping itu juga merupakan batas antara desa Taman Jaya dengan desa Cibenda serta pembatas antara desa Mekar Sakti dan desa Mandra Jaya. Di sungai ini terdapat beberapa air terjun yang patut untuk dikunjungi, beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan terletak di wilayah desa Taman Jaya adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

7. Tugu Ciletuh Geopark

Tugu Ciletuh Geopark
Selamat datang di GEOPARK CILETUH via Endang Sulaeman Addakhil‎
Salah satu tempat yg paling epic buat di poto, belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Ciletuh kalau tidak mengabadikan momen di sini. 

Itulah 7 Spot Geopark Ciletuh yang paling ciamik dan cocok banget untuk mengisi media sosialmu, untuk bisa mengelilingi Ciletuh dan mengunjung tempat-tempat indah tersebut kamu butuh waktu minimal dua hari, karena jarak dari setiap spotnya agak berjauhan, jadi jangan lupa pilih waktu yang tepat dan bawa perlengkapan berfoto yang memadai, hehe.
Jelajahi Sukabumi Mulai Dari Sini, Informasi Seputar Sukabumi, Wisata Di Sukabumi, Sukabumi Kuliner,

>>KOMPAS<< (Komunitas Perantau Asal Sukabumi)

KOMPAS, Komunitas Perantau Asal Sukabumi

Inisukabumi.com - Tinggal di perantauan memang susah susah gampang, karena kita harus mulai berbaur dan hidup dengan orang-orang baru yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya. Adanya teman yang berasal dari daerah yang sama tetntunya akan membuat kebahagiaan tersendiri, karena kita bisa berbagi pengalaman dan memiliki nasib yang hampir sama.

KOMPAS, Komunitas Perantau Asal Sukabumi

Untuk kamu yang berasal dari Sukabumi dan sekarang sedang di tempt perantauan, jangan khawatir kekurangan teman dari kampung halaman karena sukabumi mempunyai KOMPAS, Komunitas Perantau Asal Sukabumi. KOMPAS merupakan wadah komunitas para perantau yang berasal dari Sukabumi, yang mempunyai visi dan Misi guna saling merajut dan memperkokoh tali silaturahmi sesama Perantau, dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan diantara sesama Perantau. KOMPAS pertama kali digagas oleh Saudara Dede Rika (Dede Rico) pada 09 Juni 2014 di Cikarang Bekasi, pada mulanya yaitu perkumpulan kecil antara sesama Perantau yang bekerja di Daerah Cikarang, Kawasan Jababeka dan sekitarnya, dan berinisiatif membuat suatu Group / komunitas di media Sosial (Facebook) dengan nama >>KOMPAS<< (Komunitas Perantau Asal Sukabumi) dan ternyata respon dari sesama perantau dari daerah lain pun memberikan respon yang positif, sehingga seiring berjalannya waktu anggota dari komunitas pun semakin bertambah, bukan hanya dari daerah Bekasi, Bahkan tidak ketinggalan Para perantau dari Jakarta, Tangerang, Bogor/Bantar Gebang, Depok, Bandung, Karawang, Dan yang lainnya, bahkan diluar pulau jawa pun ada. Juga di Luar negeri Seperti, Brunei, Jepang, Saudi Arabia, dll, Hingga saat ini keanggotaan di Social Media Kompas menembus angka 7.934 orang (per 17 Agustus 2016).


VISI  >>KOMPAS<<

Menjadikan Para Lulusan/Perantau Sukabumi Lebih baik dan bermartabat yang mengharumkan nama Baik Sukabumi Lebih Baik Lagi

 MISI >>KOMPAS<<
  1. Menjadikan komunitas ini sebagai wadah untuk menjalin Silaturahmi di Perantauan
  2. Membantu/Menginformasikan kepada Lulusan Sukabumi untuk mempermudah dalam mencari Pekerjaan.. Tempat tinggal dan kondisi di Perantauan 
  3. Menjadikan Para Perantau Sukabumi Yang mempunyai nilai positif di Lingkungan Perusahaan dan di Perantauan 
KOMPAS, Komunitas Perantau Asal Sukabumi


SUSUNAN PENGURUS >>KOMPAS<< 2016
Penasehat  :  H. Odjon Fredi Herdin 
Ketua :  Dede Rika (Dede Rico)
Wakil Ketua :  Saiful Alam Aggand
Bendahara  :  1. Kurniawan Ujang & Samsul Aripin
Sekretaris  :  Yayank Zhoy 
Humas :  1.Lingga Pradana  &  2. Nirwan Noise
Korwil & Korlap :  1.Suryadhi Asep (Jakarta)  & Erwin Nariyana (Korlap Jakarta)
   2.Indra Budiman (Tangerang) & Iwan Setiawan (korlap Tangerang)
   3.Boink / Faizmail (Depok) & Kandar Dinata (Korlap Depok)
   4.Isep Suhendi (Cikarang)  &  Eden Pajar (Korlap Cikarang)
                                   5.Dhade Doang (HI-Bekasi)  & Andi Gilang (Korlap Bekasi)
                                   6.Andi Sadewa (Bandung)  & Jemz (Korlap Bandung)
                                   7.Moelder Achi (Karawang)  & 2. M. Yasser  (Korlap Karawang )
   8.M. Didi Supriatna (Brunei) & Bemto kankez  (Korlap Brunei )

KOMPAS, Komunitas Perantau Asal Sukabumi

Anggota aktif yang sudah mempunyai KTA (Kartu Tanda Anggota) per 16 agustus 2016 berjumlah 936 orang, dan semunya tersebar di seluruh Indonesia yang setiap daerahnya disebut distrik. Berikut adalah agenda mingguan (kopdar) di distrik masing-masing.

Distrik/wilayah Jakarta : Tiap malem kemis  di kota tua jakarta, dari jam 19.00 sampei jam 23.00
Distrik tangerang : tiap malem minggu di Jatake Tangerang dari jam 19.00 sampei jam 23.00
Distrik bekasi : tiap malem minggu di Bulan-bulan (Caket stasiun Bekasi) Tangerang dari jam 19.00 sampei jam 23.00
Distrik BGB (Bantar Gebang & Bogor) : tiap malem minggu di Air mancur Bogor untuk area bogor barat, dan di Depan RS Merri untuk bogor timur dari jam 19.00 sampei jam 23.00
Distrik bandung tiap malem minggu di alun-alun bandung, dari jam 19.00 sampe jam 23.00
Distrik Cikarang / tiap malem minggu di Komplek Cifest cikarang bekasi, dari jam 19.00 sampai jam 23.00

KOMPAS, Komunitas Perantau Asal Sukabumi

Adapun agenda rutin lainnya yang dilakukan bersama yaitu Baksos / Bakti Sosial di daerah Sukabumi yang rutin setiap 6 bulan sekali, juga baksos buat yang terkena bencana musibah & bencana alam di sukabumi. Kegiatan terakhir sampai bulan agustus 2016 ini yaitu memberikan bantuan kepada korban bencana pergeseran tanah di daeah Curug Kembar Sukabumi.

Itulah sekilas informasi tentang KOMPAS, Komunitas Perantau Asal Sukabumi, semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya untuk orang-orang Sukabumi yang sedang dalam perantauan, umumnya untuk kita semua. Apabila ada pertanyaan dan ingin lebih mengenal tentang KOMPAS, silahkan bergabung langsung dengan grup facebooknya, >>KOMPAS<< (Komunitas Perantau Asal Sukabumi)

Narasumber : Yayank Zhoy
Jelajahi Sukabumi Mulai Dari Sini, Informasi Seputar Sukabumi, Wisata Di Sukabumi, Sukabumi Kuliner,
Background photo : beritaten.com
Inisukabumi.com - Sebagai salah satu daerah yang dipenuhi dengan bermacam keindahan alamnya, sukabumi kembali diperkaya dengan berbagai macam destinasi wisata yang mulai dilirik dunia, destinasi wisata tersebut berada di Geopark Ciletuh. Disana terdapat berbagai macam air terjun dan juga pemandangan alam lainnya, salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi adalah Curug Awang.
Curug Awang Dari Atas
Curug Awang Dari Atas via cool4myeyes.com
Curug Awang berada di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark), yaitu di desa Taman Jaya kecamatan Ciemas kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 60 meter, dengan keindahan dinding batu alam yang berwarna coklat kemerahan sebagai karakteristik dari curug ini yang begitu kuat dan tak dapat dilihat di tempat lain.

Curug Awang dari kejauhan
Curug Awang dari kejauhan via kitabisa.com
Curug Awang merupakan salah satu curug yang berada di aliran sungai Ciletuh, sungai ini membatasi wilayah kecamatan Ciemas dengan kecamatan Ciracap, disamping itu juga merupakan batas antara desa Taman Jaya dengan desa Cibenda serta pembatas antara desa Mekar Sakti dan desa Mandra Jaya. Di sungai ini terdapat beberapa air terjun yang patut untuk dikunjungi, beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan terletak di wilayah desa Taman Jaya adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.
Tingginya Curug Awang
Tingginya Curug Awang via @ilhamhilman | blog.reservasi.com
Curug Awang sendiri adalah air terjun pertama dari deretan tiga air terjun di sungai ciletuh yang ada di desa Taman Jaya kecamatan Ciemas. Pada musim kemarau dimana curah hujan kurang maka Curug Awang akan memiliki dua air terjun dengan air terjun utama di sebelah kanan dan air terjun kecil di sebelah kiri. Penduduk setempat menyebut air terjun yang kecil dengan sebutan Anak Curug Awang, sedangkan air terjun utama yang lebih besar dengan sebutan Curug Awang Indung.

Ketika musim hujan Curug Awang ini akan terlihat lebih indah, dimana seluruh bagian curug ini terpenuhi oleh derasnya air yang mengalir, sehingga apabila dilihat dari kejauhan curug ini akan terlihat mirip dengan air terjun Niagara mini di Amerika.
Panorama Curug Awang
Panorama Curug Awang via cool4myeyes.com
Dari Jakarta kamu bisa mengambil rute Bogor-Cihideung-Cijeruk-Sukabumi-Cikidang-Pelabuhan Ratu-Simpenan-Kiaradua-JampangKulon-Waluran dan berakhir di Tamanjaya. Untuk menuju lokasi curug Awang, bisa menggunakan mobil biasa (bukan offroad) karena keadaan jalan yang masih cukup bagus. Dari Sekretariat PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi) berjalan ke arah Selatan +/- 10 menit, lalu ada belokan ke arah kiri dengan penunjuk "Curug Awang". Curug Awang ini curug termudah untuk di kunjungi, batu-batu di sungainya pun berjarak deket satu sama lain, jadi memudahkan kita untuk pindah dari 1 spot ke spot lain untuk mencari angle foto yang bagus.



Jelajahi Sukabumi Mulai Dari Sini, Informasi Seputar Sukabumi, Wisata Di Sukabumi, Sukabumi Kuliner,


7 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Pelabuhan Ratu Yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Seru
Inisukabumi.com - Pelabuhan Ratu memang merupakan salah satu daerah di Sukabumi yang namanya sudah mendunia, sejuta pesona keindahan ada disana. Untukmu yang diberikan yang akan berkunjung ke Pelabuhan Ratu, 7 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Pelabuhan Ratu Yang Akan Membuat Liburanmu Lebih Seru.

1. Berenang Seru di Pantai Karang Hawu

Berenang Seru di Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu via yukpiknik.com
Pantai karang hawu merupakan salah satu pantai yang paling sering dikunjungi pengunjung, lokasinya yang berada dekat dengan jalan utama yaitu jalan Bayan-Cisolok yang menghubungkan kawasan Sukabumi dengan Banten  membuat semua mata yang lewat akan terpana. Pantai ini sudah dikelola dengan cukup baik, terdapat terotoar yang bisa digunakan untuk berjalan kaki, gazebo untuk beristirahat dan juga tempat duduk yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai. Letak pantai ini sekitar16 km atau 18 menit dari Pasar Ikan Pelabuhan Ratu.

Panjang garis pantai karang hawu ini mencapai 4 km dengan dua sisi yang berbeda. Sebelah kiri pantai dihiasi dengan bebatuan karang yang terhempas ombak hingga bukit karang. Sedangkan di sisi satunya lagi terdapat hamparan pasir putih kecoklatan yang membentang. 

2. Berendam Sehat di Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi

Berendam Sehat di Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi
Pemandian Air Panas Cisolok via disparbudporakabsukabumi.co.id
Ketika berkunjung ke Cisolok, kamu tak hanya akan mendapatkan pemandangan laut yang indah yang membentang panjang dari Pelabuhan Ratu, akan tetapi masih ada ragam obyek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, pemandian air panas Cipanas, yang terletak di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi yang berjarak sekitar 20 km arah barat Pelabuhan Ratu, ibukota Kabupaten Sukabumi. Mengunjungi kawasan wisata Teluk Pelabuhan Ratu khususnya Cisolok tak akan lengkap kalau tak mampir ke pemandian air panas. Jika kamu sedang beruntung, dapat menyaksikan perimata khusus, yaitu kera dan lutung yang bergelantungan di pohon-pohon di sekeliling lokasi pemandian air panas itu.


3. Surfing Ceria di Pantai Cimaja

Surfing Ceria di Pantai Cimaja
Nikmati keindahan pantai Cimaja via ngasihtau.com
Pantai Cimaja merupakan salah satu pantai terindah yang berada di jawa barat,Pantai ini merupakan tempat berselancar favorit bagi pengunjung yang datang ketempat ini. Panorama yang terdapat di Pantai Cimaja ini sangat indah dan rinaian ombak yang besar membuat pantai yang berada di sukabumi ini semakin berbeda.

Pantai Cimaja memiliki ombak yang mengagumkan, besar dan karenanya ideal untuk para surfer, namun tak membahayakan. Ketika berkunjung ke pantai ini maka akan banyak ditemukan banyak para peselancar yang mempertunjukkan kebolehannya menerjang ombak Cimaja yang menantang, berliuk-liuk mengikuti gerakan gelombang sehingga seolah-oleh kelihatan tengah menari. Para pengunjung biasanya betah berlama-lama di Cimaja karena selainnya ombaknya menantang, pemandangannya indah dan suasananya sang

4. Ketemu Jutaan Kelelawar Di Gua Lalay Pelabuhan Ratu itu Memang Seru

Ketemu Jutaan Kelelawar Di Gua Lalay Pelabuhan Ratu itu Memang Seru
Goa Lalay di siang hari
Goa Lalay berlokasi sekitar 3 Km dari Kota Pelabuhan Ratu, di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Indonesia . Di Goa Lalay kamu bias menyaksikan jutaan kelelawar yang menghuni Goa Lalay ini, sehingga dinamakan dengan Goa Lalay (Lalay=Kelelawar). Biasanya rombongan Kelelawar ini mulai keluar menjelang senja sekitar jam 17.00. Jutaan Kelelawar ini biasanya terbang sekitar 20 menit dan kemudian muncul lagi untuk 30 menit kemudian. Lokasi tepatnya itu di Kampung Cipatuguran, desa Citarik, kecamatan Pelabuhan Ratu, kabupaten Sukabumi.

5. Dermaga Pelabuhan Ratu

Dermaga Pelabuhan Ratu
Dermaga Pelabuhan Ratu via ilovesukabumi.wordpress.com
Lokasi dermaga ini berada tepat di ujung teluk Pelabuhan Ratu dan menjadi salah satu pintu masuk utama menuju laut/pantai selatan. Di samping dermaga pelabuhan, terdapat tempat pelelangan ikan (TPI) modern yang telah ramai oleh pengunjung. Kamu bisa berjalan-jalan kesini untuk sekedar berfoto dan menikmati uniknya aktifitas masyarakat disana, selain itu juga kamu bisa membeli ikan segar sebagai oleh-oleh untuk dibawa kerumah.

6. Diving di Pelabuhan Ratu

Diving di Pelabuhan Ratu
Lokasi Diving di Pelabuhan Ratu via initempatwisata.com
Bagi kamu yang penyuka pemandangan bawah laut, atau kamu yang ingin tahu bagaimana keindahan bawah laut, menyelamlah ke kedalaman laut sekitar Palabuhanratu bisa menjadi salah satu aktifikas yang kamu pilih. Kamu dapat menyelam dan berenang bersama beraneka ikan hias. Suatu pengalaman yang betul-betul menyenangkan dan langka di kawasan ini yang akan memberimu kenangan tak terlupakan. Terdapat beberapa dive site di Pelabuhan Ratu, diantaranya ada di Sodong Parat, Karang Antuk dan Batu Kuok.

Mancing Seru di Gado Bangkong Pelabuhan Ratu
Gado Bangkong, sisa-sisa pelabuhan kecil di Palabuhanratu, Foto: in memory ( 1986 ) via kurniadithea.blogspot.co.id
Dahulu Gado merupakan sebuah pelabuhan yang sangat penting, karena kapal-kapal nelayan warga dan nelayan dari Bugis dan bangsa lain yang hendak ke Sukabumi menggunakan pelabuhan ini untuk docking kapal. Di era tahun 1970-an karena akses jalan belumlah sebaik sekarang, warga luar Palabuhanratu seperti dari Jampang, Ciemas, maupun perbatasan Banten memanfaatkan Gado Bagkong untuk bongkar muat kapal barang kebutuhan pokok, dari mulai garam dan hasil panen seperti cengkeh, beras dan buah-buahan lainnya ke pasar Palabuhanratu yg letaknya berdekatan.

Mancing Seru di Gado Bangkong Pelabuhan Ratu
Pantai Palabuhan Ratu di kanan Gado Bangkong via sisihidupku.wordpress.com
Saat ini Gado Bangkong lebih banyak digunakan sebagai tempat berwisata dan bersandarnya perahu nelayan. Salah satu yang paling menarik untuk dilakukan ketika berkunjung ke Gado Bangkong ini adalah memancing ikan, airnya yang masih bersih membuat ikan-ikan bisa berkembang biak dengan baik, sehingga tidak akan sia-sia ketika kamu memancing disana.


Keyword Terkait :

Wisata Di Pelabuhan Ratu,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Tempat Wisata Di Pelabuhan Ratu Sukabumi,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Kuliner Di Pelabuhan Ratu,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Daerah Wisata Di Pelabuhan Ratu,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Lokasi Wisata Di Pelabuhan Ratu,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Pantai Di Pelabuhan Ratu,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Murah Di Pelabuhan Ratu, Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Di Sekitar Pelabuhan Ratu,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Air Di Pelabuhan Ratu,Wisata Di Pelabuhan Ratu, Tempat2 Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Pelabuhan Ratu Jawa Barat, Destinasi Wisata Di Pelabuhan Ratu, Tempat Wisata Di Daerah Pelabuhan Ratu, Wisatawan Hilang Di Pelabuhan Ratu, Objek Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisata Di Pelabuhan Ratu Sukabumi, Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Tempat Wisata Pelabuhan Ratu Sukabumi, Objek Wisata Pelabuhan Ratu Sukabumi Paket Wisata Pelabuhan Ratu Sukabumi, Obyek Wisata Pelabuhan Ratu Sukabumi, Tempat Wisata Di Sekitar Pelabuhan Ratu, Objek Wisata Di Sekitar Pelabuhan Ratu, Tempat Wisata Di Pelabuhan Ratu, Wisatawan Tenggelam Di Pelabuhan Ratu, Tempat Wisata Yang Ada Di Pelabuhan Ratu, Tempat Wisata Terkenal Di Pelabuhan Ratu, Wisata Yang Ada Di Pelabuhan Ratu, Wisata Pelabuhan Ratu
Jelajahi Sukabumi Mulai Dari Sini, Informasi Seputar Sukabumi, Wisata Di Sukabumi, Sukabumi Kuliner,
Pemandian Air Panas di Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi
Inisukabumi.com - Sukabumi memang begitu asri, ribuan tempat wisata bisa membuat matamu terpana. Tidak hanya wisata pantai dan air terjun yang bisa kamu sanjung, tetapi pemandian air panas ini juga patut kamu kunjungi.

Tempat Pemandian Air Panas di Sukabumi

1. Pemandian Air Panas Cikundul

Pemandian Air Panas Cikundul
Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi via newsmetropol.com
Pemandian Air Panas Cikundul yang dibangun Tahun 1990, menjadi salah satu daya tarik kedatangan para pengunjung, baik dari Kota Sukabumi itu sendiri maupun dari luar kota. Letaknyayang hanya sekitar sekitar 7 KM kearah selatan dan memiliki luas sekitar 5320 M2.  Pemandian Air Panas Cikundul ini terdiri dari Kolam Renang Air Panas dan Dingin, kamar Rendam, dan penginapan atau Cottage dengan kapasitas kamar yang cukup memadai. Bagi kamu yang ingin menginap di Cikundul , sewa kamar per malam berkisar antara Rp 110.000,- sampai dengan  Rp 125.000,-.



Baca Juga



Untuk masuk dan menikmati kehangatan dari air panas Cikundul ini kamu hanya dikenakan tarip masuk antara Rp. 3000 samai Rp. 5000 perorang, sedangkan untuk kamar rendam khusus dikenakan tariff Rp 25.000,-. Tarif tersebut digunakan untuk pengelolaan pemandian air panas ini, karena dikelola oleh Pemerintah Kota, via Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sukabumi.

2. Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi

Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi
Pemandian air panas cisolok via info.pikiran-rakyat.com
Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengan pantai-pantai indah di Pelabuhan Ratu, tetapi selain wisata pantai Pelabuhan Ratu juga mempunya pemandian air panas yang cocok juga buat kamu berlibur, pemandian air panas tersebut terletak di Kecamatan Cisolok yang berjarak sekitar 20
kilometer dari Pelabuhan Ratu.
Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi
Pancuran air pemandian air panas cisolok via wee-wee.info
Kamu yang ingin berkunjung kesini ga usah khawatir, karena harga tiket masuk cukup terjangkau yang tertera di gerbang bervariasi untuk tiap jenis kendaraan. Dari mulai Rp 3.000, 8.000, 13.000, dan 25.000. Untuk fasilitasnya dikenakan tarif hanya Rp 1.000,-.  Ada pula kolam yang dapat di pakai perorangan, tarifnya Rp 5.000,-/jam. Sementara untuk mandi berendam di kamar mandi tertutup seharga Rp 15.000, dan untuk mengikuti terapi air panas dikenakan biaya Rp 35.000 (harga sewaktu-sewaktu berubah). Ada pula fasilitas lain yang tersedia, yaitu jasa pijat tradisional. Ini juga ditujukan bagi mereka yang ingin dipijat sebelum berendam. via telusurindonesia.com

Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi
Jembatan menuju pemandian air panas cisolok via hilsya.wordpress.com
Akses untuk menuju pemandian air panas Cisolok bisa melalui rute Pelabuhan Ratu-Cisolok, melewati area wisata pantai Karanghawu, Citepus, dan Cibangban. Setelah sampai di pertigaan Cisolok, kamu mengambil arah ke kanan untuk menuju tempat wisata pemandian air panas. Setelah sampai di area parkir kami harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan melewati jembatan gantung, nah setelah itu barulah kamu akan melihat tempat pemandian dan juga sumber air panas yang menyembur keluar dari dalam batu. via indonesiawisata.info



Baca Juga :



3. Pemandian Air Panas Santa Sukabumi

Pemandian Air Panas Santa Sukabumi
Pemandian air panas Santa yang didesain dengan tema "Thailand"
Pemandian air panas Santa ini berada di area Santa Sea Sukabumi, awalnya pemandian air panas ini sempat terbengkalai pengurusannya, akhirnya setelah diambil alih oleh Pemerintah Kota Sukabumi, pemandian air panas ini ditata sedemikian rupa sehingga menjadi kolam-kolam yang begitu menarik. Setiap kolam memiliki kehangatan yang berbeda-beda, semua bebas dicoba karena ada penjaga yang siap membantu ketika kamu membutuhkannya.
Indahnya view di tempat ini
Karena sekarang pemandian air panas santa ini sudah berada didalam kawasan Santa Sea Sukabumi, maka untuk mendapatkan kehagatan dari kolam air panas ini kamu harus masuk dahulu ke area Santa Sea Sukabumi. Untuk artikel tentang Santa Sea Sukabumi saya buatkan khusus di artikel selanjutnya.

Itulah 3 pemandian airpanas di Sukabumi yang sangat pantas kamu kunjungi, selain kehangatan yang akan didapatkan, manfaat lain seperti menjaga kesehatan kulit juga bisa kamu rasakan. Tunggu apalagi, yuk kunjungi air panas ini setelah kamu ada waktu dan rizki.


Keyword : 
Pemandian Air Panas Sukabumi, Tempat Pemandian Air Panas Sukabumi, Pemandian Air Panas Di Cipanas Sukabumi, Tempat Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi, Peta Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi, Tarif Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi, Tempat Wisata Pemandian Air Panas Di Sukabumi, Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi, Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi, Pemandian Air Panas Santa Sukabumi, Alamat Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi, Pemandian Air Panas Cipanas Sukabumi, Lokasi Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi, Pemandian Air Panas Di Cikundul Sukabumi, Pemandian Air Panas Di Sukabumi, Pemandian Air Panas Daerah Sukabumi, Pemandian Air Hangat Di Sukabumi, Tempat Pemandian Air Panas Di Sukabumi, Wisata Pemandian Air Panas Di Sukabumi, Pemandian Air Panas Di Daerah Sukabumi ,Lokasi Pemandian Air Panas Di Sukabumi