<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- banner2 --> <ins class="adsbygoogle" style="display:inline-block;width:336px;height:280px" data-ad-client="ca-pub-1387389359449425" data-ad-slot="7021188991" data-override-format="true" data-page-url = "https://www.inisukabumi.blogspot.com"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>

Bermain  Meriam Lodong

Bermain  Meriam Lodong
Foto : Anak kecil yang sedang memperlihatkan Meriam Lodongnya
yang terbuat dari peralon
Ini Sukabumi - Sob, Alhamdulilah kita masih diberi kesempatan untuk beribadah di bulan penuh berkah ini, semoga saja amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiinn..

Nah dibulan ramadhan ini, ada suatu istilah yang tak pernah jauh dari telinga ini, dan istilah trsebut adalah "Ngabuburit". 
Ya, ngabuburit merupakan suatu istilah yang kita pakai untuk menunggu waktu buka puasa di sore hari, dan banyak hal yang biasanya dilakukan ketika ngabuburit ini, salah satunya dengan "Bermain Meriam Lodong".

Meriam Lodong ini asalnya dibuat dari bambu dan amunisinya adalah karbit, tetapi dengan seiringnya perkembangan jaman, sekarang meriam ini banyak dibuat dari peralon/pipa dengan amunisi berupa spirtus.
Tentunya dengan dirubahnya komponen dan amunisinya membuat meriam ini semakin aman digunakan, tapi tidak mengurangi kerasnya suara yang dihasilkan.

Bermain Meriam Lodong ini memang seru banget sob, memang sih idealnya permainan ini untuk anak-anak, tapi di Kabupaten Sukabumi sendiri, para orang tua pun ternyata ikut bermain mainan ini, ya pastinya untuk ngabuburit, hehe.

Kalau untuk tahun-tahun kebelakang, puncak permainan Mriam Lodong ini adalah ketika malam takbiran, karena kalau sudah bulan syawal, permainan ini terasa kurang seru lagi, haha

Oke sob, itu dulu yang bisa saya share kali ini. Tapi saya punya sedikit pesan, kalau sobat juga mau atau suka bermain Meriam Lodong ini, jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan dan juga kenyamanan bagi tetangga-tetangga sekitar, jangan sampai kita asyik-asyik bermain Meriam ini, tapi tetangga kita malah merasa terganggu, hehe
Semoga amal ibadah dibulan puasa ini bisa diterima oleh Allah SWT. Aamiinn.. :)

#Budaya #Ramadhan #Unik #Kabupaten #Sukabumi




Terimakasih kamu sudah membaca artikel , semoga bermanfaat dan salam hangat dari saya. Apabila ada yang ditanyakan silahkan tuliskan di komentar, dan apabila ingin membantu mempublikasikan pesona keindahan di Sukabumi, silahkan share artike-artikel di website ini. Kamu juga diperkenankan untuk memposting ulang selama menyertakan sumber asli dari website ini.


Informasi dan Pemasangan Iklan :
Email Admin : ruswan@ummi.ac.id
Facebook : Kang Ruswan

Topik Terkait :
Apakah anda suka dengan artikel ini?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.